Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan membaca kritis merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena membantu siswa memahami, mengevaluasi, dan merefleksikan informasi yang dibaca secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca kritis dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 6 Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V, dan sampel diambil secara total sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes membaca kritis dan dokumentasi nilai rapor Bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dan prestasi belajar Bahasa Indonesia, dengan nilai korelasi sebesar r = 0,68 pada taraf signifikansi α = 0,05. Ini berarti hubungan keduanya berada pada kategori kuat dan positif, sehingga semakin tinggi kemampuan membaca kritis siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Temuan ini menunjukkan pentingnya penguatan keterampilan membaca kritis dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru diharapkan mengembangkan strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis melalui diskusi teks, refleksi isi bacaan, dan latihan-latihan analisis teks. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
References
BSKAP. (2023). Asesmen Nasional: Hasil dan Rekomendasi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen di SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kurniasari, D., & Fauzan, A. (2021). Hubungan membaca kritis dan hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 134–145.
Kurniasari, N., & Fauzan, A. (2021). Hubungan kemampuan membaca kritis dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 45–52.
Kurniawati, D., & Subekti, B. (2023). Penggunaan teks multijenis untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa SD. Jurnal Kajian Literasi dan Pembelajaran, 5(2), 100–111.
Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan. (2023). Laporan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: LPMP Kemendikbudristek.
Prasetyo, R. A., & Aminah, N. (2023). Pengaruh kemampuan literasi kritis terhadap prestasi bahasa. Jurnal Literasi dan Pendidikan Dasar, 5(1), 23–35.
Pratama, D., & Rahmadani, I. (2023). Penerapan problem-based learning untuk meningkatkan literasi kritis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 4(3), 56–70.
Pratama, R., & Rahmadani, S. (2023). Strategi literasi kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis problem based learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 21–33.
Suherman, A., & Lestari, M. (2023). Strategi pembelajaran membaca kritis berbasis teks narasi. Jurnal Bahasa dan Sastra Anak, 6(2), 88–99.
Suherman, H., & Lestari, N. (2023). Literasi kritis sebagai penguat karakter dan kompetensi abad 21. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 75–88.
Suryani, D., & Ramdhan, H. (2022). Keterampilan membaca kritis siswa sekolah dasar: Studi diagnostik. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 10(1), 55–67.
Widya, T., & Aditya, B. (2022). Latihan membaca eksposisi untuk meningkatkan prestasi belajar. Jurnal Edukasi Bahasa, 7(1), 102–113.
Wulandari, I., & Aditya, H. (2022). Efektivitas pertanyaan berpikir tingkat tinggi dalam membentuk kemampuan membaca kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(3), 121–130.
Yusuf, M., & Kartika, P. (2024). Membaca kritis dalam konteks pendidikan dasar abad 21. Jurnal Transformasi Pendidikan, 11(1), 15–28.
Yusuf, M., & Kartika, R. (2024). Korelasi antara literasi kritis dan prestasi akademik siswa SD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 9(1), 14–26.
Copyright (c) 2025 Erwin Eka Saputra, Yoma Hatima, Kasmawati Kasmawati, Chairan Zibar L. Parisu, Ahmad Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





