Pendampingan Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Anak Di TK Kuncup Pertiwi Kendari

  • Kasmawati Kasmawati Universitas Sulawesi Tenggara
  • Hesti Hesti Universitas Sulawesi Tenggara
  • Sasmin Sasmin Universitas Sulawesi Tenggara
Keywords: Anak usia dini, Pendampingan, Orang tua, , Guru, Literasi Digital

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara terbatas di TK Kuncup Pertiwi Kota Kendari, menunjukkan adanya permasalahan dimana Orang tua dan guru belum memahami dampak Negatif terhadap penggunaan gadget secara berlebihan, orang tua dan guru belum memilki pemahaman akan pentingnya pendampingan terhadap anak dalam penggunaan gadget, Orang tua dan guru juga belum memilki pengetahuan tentang cara melakukan pengawasan terhadap situs-situs pada gadget anak. Oleh karena itu, Kegiatan Kemandirian Masyarakat ini berupa sosialisasi dan pelatihan Pendampingan orang tua dang guru dalam meningkatkan literasi digital anak usia dini di TK Kuncup Pertiwi Kendari. Dalam Pelaksanaan Kegiatan Kemandirian masyarakat ini, targetnya adalah memberi solusi serta manfaat yang sebesar-besarnya bagi Masyarakat (Sekolah mitra) khususnya terkait dengan memberikan Literasi Digital pada orang tua dan guru yang dapat menunjang peningkatan literasi digital anak. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan,  Tahap kedua tahap pelaksanaan program berupa Sosialisasi dan Pelatihan, dan Tahap ketiga tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi/monitoring yang dilakukan oleh LPPM Unsultra dengan membandingkan kondisi mitra sebelum dan sesudah pelaksanaan program.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-19
How to Cite
Kasmawati, K., Hesti, H., & Sasmin, S. (2025). Pendampingan Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Anak Di TK Kuncup Pertiwi Kendari. Sultra Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 60-65. https://doi.org/10.54297/sjpm.v1i2.869