PENGARUH HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PERCETAKAN UD ARIANDO KABUPATEN KONAWE SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh harga terhadap volume penjualan percetakan UD Ariando (2) pengaruh lokasi terhadap volume penjualan percetakan UD Ariando. Untuk mengetahui korelasi antara harga dan lokasi maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 66 responden konsumen yang datang pada percetakan UD Ariando. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi, pengujian hipotesis melalui uji analisis regresi linear berganda, uji t dan uji f. Diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 0,939 + 0,138 (X1) + 0,530 (X2). Dari pengujian hipotesis diperoleh hasil pengaruh harga secara parsial sebesar 3,824 dan pengaruh lokasi secara parsial sebesar 12,489 sedangkan hasil uji simultan didapat fhitung 178,608. Berdasarkan analisis data pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa harga dan lokasi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada percetakan UD Ariando. Untuk meningkatkan volume penjualan percetakan UD Ariando, pemilik usaha UD Ariando diharapkan terus meningkatkan kualitas agar konsumen tidak mengalami kerugian saat membeli pada percetakan UD Ariando dan menjaga kenaikan harga agar tetap relative stabil. Dengan strategi ini, diharapkan dapat memperkuat volume penjualan terhadap percetakan UD Ariando.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sahyunu Sahyunu, Suyuti HM, Clara Nur Selvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.