STRATEGI PEMASARAN IKAN ASAP PADA USAHA POKHLASHAR MEDUDULU DI DESA BASULE KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA
Abstract
Strategi Pemasaran Ikan Asap Pada Usaha Pokhlasar Medudulu Di Desa Basule Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran ikan asap dalam meningkatkan nilai jual pada usaha pokhlasar medudulu di Desa Basule Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan data kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif Populasi atau responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha pokhlasar medudulu di Desa Basule Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara yang berprofesi sebagai produsen ikan asap Penentuan informan dalam penelitian ini dimana penulis menunjuk langsung pemilik usaha sebagai informan kunci dengan alasan bahwa pemilik usaha lebih mengetahui tata pengelolaan usahanya. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa ikan asap pokhlashar medudulu telah menerapkan strategi marketing mix dan strategi dari penerapan marketing mix telah memberikan dampak pada peningkatan keuntungan yang di dapat dengan menggunakan variabel 4 P yaitu Produk, Place, Price dan Promotion.
References
Afift.F. 1994. Strategi Pemasaran. Angkasa. Bandung..
Asri.M.1991. Marketing. Unit penerbit dan percetakan AMP YKPN. Yogyakarta
Assauri, S. 1987. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. CV.Rajawali. Jakarta.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Pemahaman Filosofi dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
David, F. R. 2004. Manajemen Strategis Konsep-Konsep. Terjemahan. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Eno Sri Yulia Ningsih , Sarini Yusuf , dan Akhmad Mansyur (2018) Strategi Pemasaran Ikan Asap Menuju Keberlanjutan Usaha dan Peningkatan Keuntungan (Studi Kasus Kios Nur Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli) Kota kendari, skripsi
Hunger.D.J dan Wheelen.T.L .2003. Manajemen Strategis. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Jauch, Lawrence R. Dan Glueck, William F.1991. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Terjemahan Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.
Kartasapoetra. 1992. Marketing Produk Pertanian dan Industri. Rineka Cipta. Jakarta.
Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implememtasi dan Pengendalian. Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip. 1992. Manajemen Pemasaran : Analisis perencanaan dan pengendalian.
Penerbit Erlangga.Jakarta.
Kotler and Amstrong, 2012. Strategi Pemasaran, Landasan Teori Penerbit Erlangga.Jakarta.
Lamb, C.W, Joseph F. H dan Carl, M. 2001. Pemasaran. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Porter,M.E.1994. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Binarupa Aksara. Jakarta.
Soekartawi. 2001. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Stanton, W. J. 1991. Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.
Stanton, W.J. 1993. Prinsip pemasaran Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.
Sudiyono, Armand. 2002. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.
Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Teknik. Tarsito. Bandung.
Swasta .B dan Irawan.1997. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.
T. Leksono, 1987 Pengasapan Ikan, Universitas Riau
Siti Maro’ah ( 2016 ) Pemasaran produk olahan ikan laut UKM Kenjeran Surabaya berbasis marketing mix, skripsi
Copyright (c) 2024 Sopyan Sopyan, Muhammad Zabir Zainuddin, Suyuti HM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.