STRATEGI PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONONG PADA PT. KUMALA MOTOR SEJAHTERA ABADI KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Penerapan Segmentasi, Targeting, Positionong Pada PT. Kumala Motor Sejahtera Abadi Kendari (Studi Kasus Pada Merk Hino). Data untuk kebutuhan analisis diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pimpinan dan karyawan PT. Kumala Motor Sejahtera Abadi Kendari, dan hal tersebut peneliti menjadikan sebagai informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan segmentation yang dilakukan oleh PT. Kumala Motor Sejahtera Abadi Kendari menggunakan beberapa dasar, diantaranya yaitu segmentasi demografis yang berkenaan dengan usia, jenis kelamin dan penghasilan serta segmentasi perilaku dimana segmen ini lebih mengarah pada respon para konsumen atau pembeli apakah merasa senang atau tidak dengan produk Hino. Penerapan targeting menentukan strategi pemilihan pasar sasaran atau target pasar menggunakan strategi Penetapan Sasaran Terkonsentrasi dimana strategi ini hanya memusatkan usaha pemasarannya pada satu kelompok pembeli saja yaitu konsumen dengan tingkat perekonomian menengah ke atas seperti pengusaha tambang, dan kontraktor industry konstruksi. Dalam penerapan Positioning yang dilakukan ada dua yaitu positioning menurut harga dan kualitas dimana harga yang ditawarkan lebih tinggi namun kualitas yang ditawarkan adalah yang nomor satu.
References
Alex S. Nitisemito, 2003. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghaha Indonesia Assauri, S. (1999). Manajemen
Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada
Assauri . 2003. Manajemen Pemasaran Jasa , jilid1, Jakarta.PT Gramedia.
Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta Bogdan, Robert dan Taylor, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1992).
Chandler. (1962). Strategy and Structure : Chapters in the History of Americal in Industrial Enterprice. Cambridge : TheMIT Press.
Durianto, Darmadi, 2011, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
David, Fred R. dan David, Forest R. (2017). Strategic Management concepts and cases A Competitive Advantage Approach. Sixtennth Edition. England. Pearson Education Limited.
E. Catur Rismiati, dan Bondan Suratno, 2001, Pemasaran Barang dan Jasa, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2012. Pemasaran Strategik, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit C.V Andi Offset.
Jauch Lawrence R. & Glueck William F. (1989). Manajemen Dan Strategis Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Juliansyah Noor, Metode Penelitian. (Jakarta: KencanaPrenada Media Group.2012).
K.Marrus, Stephanie. Desain Penelitian Manajemen Strategic. Jakarta: Rajawali Press, 2002.
Kasali, Rhenald 2003. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kasali, Rhenald. 2006. Sembilan Fenomena Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta : Erlangga. Keegan, Warren J. & Mark. C. Green (2008). Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta.
Philip Khotler dan G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Jakarta: Erlangga, 1997).
Rumelt, Richard P. 2014. “Good Strategy Bad Strategy”. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Iv. Linda Karya: Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011).
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono Dan Chandra .2012. Market Targeting. Erlangga: Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Andy Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjipto, Fandy dkk. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Zainuddin, Muh. Zabir. (2019). Manajemen Hubungan Pelanggan Konsep dan Teknologi. Kendari: AA-DZ Grafika.
Copyright (c) 2023 Muhammad Zabir Zainuddin, Muh. Nasir Andi Baso, Yongki Luki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.