PENGUKURAN KINERJA
Abstract
Pengukuran kinerja, sebagai landasan penting dalam mengelola keberhasilan suatu organisasi, terus menjadi fokus utama dalam ranah manajemen. Seiring dengan perkembangan bisnis dan perubahan lingkungan eksternal, pemahaman mendalam mengenai pengukuran kinerja menjadi semakin krusial untuk menavigasi kompleksitas dan mencapai tujuan strategis. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelajahi aspek-aspek kunci terkait pengukuran kinerja, melibatkan kajian tentang kelemahan model tradisional dan penerapan model kontemporer serta implikasinya pada bidang akuntansi. Paper ini mendalami konsep pentingnya pengukuran kinerja sebagai suatu kajian yang esensial dalam manajemen organisasi. Mengidentifikasi kelemahan dalam pengukuran kinerja tradisional, penelitian ini mempertimbangkan evolusi pengukuran kinerja kontemporer sebagai respons terhadap dinamika bisnis modern. Fokus utamanya adalah pada transformasi pengukuran kinerja dan dampaknya yang substansial terhadap bidang akuntansi. Metode yang digunakan adalah metode library research untuk menyelidiki dan menganalisis literatur terkait, memberikan landasan kuat untuk pemahaman mendalam mengenai peran kritis pengukuran kinerja dalam lingkup manajerial dan akuntansi.
References
Artley, W., Ellison, D., & Kennedy, B. (2001). The Performance-Based Management: Estabilishing and Maintaining a Performance-Based Management Program. University of California.
Aziza, Andi Nur. 2018. Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bulukumbang, Universitas Muhammadiyah Makkasar.
Devani, Vera, dan Ade Setiawarnan. 2015. "Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metoda Balanced Scorecard". Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, (Online), 13 (1) :83-90
Dinarsanti Gita, FE UI, 2010.”Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Metode Balanced Scorecard” Universitas Indonesia, diakses 7 November 2023.
Febriani, Vivi. 2011. Evaluasi Kinerja Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Haji Rusno, 2017. “Integrasi Rencana Strategis dan Pengukuran Kinerja Menggunakan Kerangka Teori Strategic Performance Management dengan Pendekatan Soft Systems Methodology”, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), Vol. 3, No. 1, diakses 7 November 2023.
Kurniawati, Suci. 2016. "Penggunaan Analisis Economic Value Added Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Keuangan BNI Syariah". Jurnal Stei Ekonomi, (Online),25(1):38-53, (https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JEMI/article/download/77/135/), diakses 06 November 2023.
Lubis,Putri Iglina dan Ismu Kusumanto. 2018. Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Key Performance Indicators (KPI) (Studi Kasus: Cv. Bunda Bakery Pekanbaru). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, (Online), 15 (2):39
Miza Nina Adlini,dkk. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka, Jurnal Pendidikan (Online), 6(1):2
Prastika, Nurhikmah Esti dan Djauhar Edi Purnomo. 2014. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pekalongan. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, (Online) Vol. 7
Ramdhaniah,Chici dan Irsutami. 2012. Pengembangan Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balance Score Card (Studi Kasus pada Politeknik Negeri Batam), Jurnal Integrasi, (Online), 4(1): 69
Sadli, M. Difta dan Hardo Basuki. 2017. Analisis Hasil Pengukuran Customer Life Time Value untuk Menguatkan Customer Relationship Management dan Memaksimalkan Profitabilitas Pelanggan (Studi Kasus di CV. Gunawita Mandiri), Accounting and Business Information Systems Journal, (Online), 5(3): 6
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.
Sari, Pita Puspita. 2018. Balanced Scorecard. Yogyakarta: Universitas Respati Yogyakarta.
Supriyono, R.A. 2012. Manajemen Biaya: suatu reformasi pengelolaan bisnis Ed. 1, Yogyakarta.
Sitepu, Zainun Nisa. 2016. Pengaruh Penerapan Informasi Akuntansi Manajemen dan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap Kinerja Manajerisl pada PT. Transmart Carrerfour Plaza Medan Fair Medan. Medan: Universitas Medan Area
Wahjhono, Sentot Imam. 2022. Manajemen Kontemporer. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja Ed. 5, Jakarta: Rajawali Pers.
Wiyati, Rita, Thamrin, dan Liviawati. 2016. "Penerapan Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru)". Pekbis Jurnal, (Online), 8 (3) : 97-111, (https://pekbis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/download/3626/3527), diakses 24 Oktober 2023.
Copyright (c) 2024 Aili’un Mianingsih Chaeroni, Balqis Ryhan Masiva, Fita Firdausiyah, Ahmad Sodiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.