Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap jasa pelayanan Pelabuhan Penyeberangan di Provinsi Sulawesi Tenggara

  • Asriyati Asriyati Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara
  • Hado Hado Universitas Sulawesi Tenggara
  • Sufrianto Sufrianto Universitas Sulawesi Tenggara
  • Maudhy Satyadharma Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara
Keywords: Customer Satisfaction, Public Service, Port of Ferry

Abstract

This research wants to examine the level of public satisfaction with the services provided by the Southeast Sulawesi Provincial Transportation Service through its service units. The research implementation was only focused on 4 Ferry Port UPTDs, namely the Baubau-Waara Ferry Port UPTD, the Torobulu-Tampo Ferry Port UPTD, the Amolengo-Labuan Ferry Port UPTD and the Kendari-Langara Ferry Port UPTD, where the implementation time took place from March-August 2023. The research sample was 384 passengers who had received services at the 4 UPTD ferry ports. The research results concluded that the level of community satisfaction was 77,050 or in the good category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, Sakti Aji. 2011. Perencanaan Pembangunan Transportasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Basith, Abdul, Kumadji, Srikandi & Hidayat, Kadarisma. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan De’Pns Pancake and Waffle di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 11, No. 1. Hal:1-8

Hasina, Hado dan Satyadharma, Maudhy. 2023. Pengelolaan Angkutan Lebaran Tahun 2023 di Provinsi Sulawesi Tenggara. Cermin : Jurnal Penelitian Volume 7 Nomor 1, Januari-Juli 2023.

Mahdar dan Satyadharma, Maudhy. 2023. Efektivitas Komunikasi Interpersonal dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023 pada Pelabuhan Penyeberangan Baubau dan Pelabuhan Penyeberangan Waara. JIKOM Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 15 No 02, Juli 2023.

Oktarin, Yudit ; Mulyono, Julius dan Hartanti, Lusia Pertama Sari. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Kapal Mentawai Fast Rute Padang-Kepulauan Mentawai. Scientif Journal Widya Teknik Volume 20 No 2, 2021.

Paisal & Afrizawati. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terminal Penumpang Kapal Cepat terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15 (2), 2017

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197.

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Putra, AA & Djalante, Susanti. 2016. Pengembangan Infrastruktur Pelabuhan dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.6 No.1, Januari 2016 (433-4) ISSN: 2087-9334

Rasyid, L. O., Lakawa, I., & Rahmat, L. O. 2021. Evaluasi Kinerja Layanan dan Tingkat Kepuasan Pelanggan Angkutan Penyeberangan Amolengo-Pure Provinsi Sulawesi Tenggara. Sultra Civil Engineering Journal, 2(1), 8-18. https://doi.org/10.54297/sciej.v2i1.162

Riyanto, A. 2018. Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Jurnal Ecodemica, 2(1), 117– 124.

Sani, Zulfiar. 2010. Transportasi : Suatu Pengantar. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Saputra, Yusuf Jaya, Ahmad, Sayyid dan Satyadharma, Maudhy. 2023. Pengaruh Kualitas Jasa Layanan Terminal Pelabuhan terhadap Kepuasan Penumpang Kapal Feri di Pelabuhan Penyeberangan Baubau. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 1 No 3, Juli 2023.

Syukriyanto. 2021. Pengelolaan Simpul Transportasi Laut di Kabupaten Wakatobi. Kendari : Universitas Haluoleo

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Published
2023-10-25
How to Cite
Asriyati, A., Hado, H., Sufrianto, S., & Satyadharma, M. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap jasa pelayanan Pelabuhan Penyeberangan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Sultra Civil Engineering Journal, 4(2), 67-76. https://doi.org/10.54297/sciej.v4i2.509

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>