PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BOSS BARBERSHOP KENDARI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan (2) pengaruh tarif terhadap kepuasan pelanggan (3) serta pengaruh kualitas layanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui korelasi antara kualitas layanan dan tarif maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel ditentukan menggunakan metode slovin dengan margin eror 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 99 orang. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 99 responden di boss barbershop Kendari. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, pengujian hipotesis melalui uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. diperoleh persamaan regresi linear berganda y= 37,413 + 0,436 (X1) + 0,497(X2). Dari pengujian hipotesis diperoleh hasil pengaruh kualitas layanan secara parsial sebesar 4,064, dan tarif secara parsial sebesar 4,293. sedangkan hasil uji simultan didapat fhitng sebesar 114.395. Nilai kofisien determinasi sebesar 0,704, sedangkan sisanya sebesar 2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Berdasarkan analisis data pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan dan tarif secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di boss barbershop Kendari. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, boss barbershop Kendari diharapkan membuat program-program promosi tertentu bagi konsumen yang loyal seperti memberi potongan harga, atau pelayanan yang bersifat lebih eksklusif agar konsumen merasa dihargai dan semakin loyal layanan dibarbershop Kendari
Downloads
Copyright (c) 2024 Kadek Epiriandi, Herman Titop, Wa Ode Dien Indalestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.