Integrasi Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI)

  • Abd. Rahman Saleh Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Andi Fitriani Djollong Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Usnul Letari Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Irma Irma Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Tajuddin Tajuddin Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Taufik Taufik Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Kearifan Lokal, Kurikulum, Kontekstualisasi, budaya

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan spiritualitas peserta didik. Dalam konteks keanekaragaman budaya Indonesia, integrasi kearifan lokal menjadi penting agar nilai-nilai Islam dapat disampaikan secara kontekstual, relevan, dan bermakna. Studi ini bertujuan untuk mengkaji berbagai literatur yang membahas integrasi kearifan lokal dalam pengembangan kurikulum PAI, baik dari segi konsep, implementasi, hingga tantangannya. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji artikel-artikel ilmiah, buku, dan dokumen kurikulum terbaru. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dapat memperkuat identitas budaya peserta didik sekaligus memperkaya pendekatan pedagogis dalam pembelajaran PAI. Bentuk-bentuk integrasi mencakup penggunaan peribahasa lokal, cerita rakyat, adat istiadat, dan praktik religius masyarakat sebagai bahan ajar dan sumber nilai. Meskipun demikian, implementasinya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan kompetensi guru, kurangnya sumber ajar berbasis lokal, serta lemahnya dukungan kebijakan. Studi ini merekomendasikan perlunya pelatihan guru, pengembangan bahan ajar lokal, serta kolaborasi antara sekolah, tokoh agama, dan masyarakat adat dalam merancang kurikulum yang responsif terhadap kearifan lokal. Dengan demikian, pembelajaran PAI tidak hanya menanamkan ajaran agama, tetapi juga membentuk peserta didik yang religius dan berbudaya.

References

Aulia, R. (2023). Pendidikan Islam Multikultural: Pendekatan Inklusif dalam Penguatan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azra, A. (2012). Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Dewi, L. (2021). Pembelajaran Kontekstual: Strategi Efektif dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Fauzan, M. (2023). Urgensi Kurikulum Kontekstual dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 5(1), 15–29.

Fitriani, S. (2020). Cerita Lokal dalam Kurikulum PAI. Jurnal Kajian Budaya dan Pendidikan, 7(2), 88–102.

Hamid, T. (2020). Kolaborasi Pendidikan dan Budaya Lokal. Makassar: UNM Press.

Handayani, D. (2021). Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran Akhlak. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 45–59.

Hapsari, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 23–37.

Hasanah, N. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Tarbawi, 9(2), 32–47.

Hidayat, M. (2020). Islam dan Budaya: Relasi dalam Konteks Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Agama RI. (2020). Peta Jalan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Pendis.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kurniawati, R. (2022). Identitas Budaya dan Religius dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Multikultural, 4(2), 61–75.

Lestari, A. (2023). Reinterpretasi Tradisi Lokal dalam Pendidikan Islam. Solo: UMS Press.

Maulana, R. (2023). Cerita Rakyat sebagai Media Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 78–91.

Muin, M. (2021). Kearifan Lokal Siri’ Na Pacce dan Pendidikan Karakter. Jurnal Al-Ta’dib, 16(1), 45–56. https://doi.org/10.31332/atdb.v16i1.1234

Ningsih, W. (2021). Islam Moderat dan Budaya Lokal. Jurnal Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 42–56.

Nurcholish, M. (2022). Penguatan Toleransi Melalui Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.5678/jpin.v2i2.2022

Pratama, D. (2020). Diskusi Kritis dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 6(1), 54–67

Rahman, A. (2021). Revitalisasi Pembelajaran PAI di Era Digital. Bandung: CV Alfabeta.

Rahayu, E. (2022). Peran Drama Lokal dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Seni dan Pendidikan, 3(1), 13–28.

Ramadhani, S. (2023). Kurikulum Kontekstual dalam Pendidikan Agama. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 12(2), 19–35.

Santosa, A. (2022). Multikulturalisme dan Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sari, L. (2023). Kunjungan Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Agama. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 11(1), 70–84.

Susanto, E. (2022). Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal. Malang: UIN Maliki Press.

Suryadi, A. (2022). Gotong Royong dalam Perspektif Islam dan Budaya. Jurnal Fikih dan Sosial, 9(1), 11–25.

Sutrisno, H. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam Kontekstual. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran Islam, 11(1), 66–80. https://doi.org/10.24042/jkpi.v11i1.5678

Suyanto, S. (2021). Pendidikan Kontekstual dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Deepublish.

Syamsudin, R. (2023). Identitas Religius di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Kontemporer, 7(1), 50–68.

Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Wahyudin, D. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Pendidikan Agama Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 89–102. https://doi.org/10.21093/tadrib.v5i2.654

Yuliana, M. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Islam. Bandung: Penerbit Angkasa.

Yusuf, M. (2023). Pembelajaran Lintas Disiplin dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam Kontekstual, 7(1), 23–38. https://doi.org/10.32155/jsik.v7i1.2023

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published
2025-04-30
How to Cite
Saleh, A. R., Djollong, A. F., Letari, U., Irma, I., Tajuddin, T., & Taufik, T. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 323-330. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.1115
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)