Peran Strategis Jaminan Mutu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Pendekatan Manajemen Mutu Terpadu
Abstract
Educational quality is a critical indicator in determining the success of national education implementation. Achieving quality requires a consistent and continuously improving system. Quality assurance plays a strategic role in ensuring that all educational components operate according to established standards. One widely adopted approach is Total Quality Management (TQM), which emphasizes the collective participation of all organizational members to achieve optimal quality. This literature study aims to analyze the strategic role of educational quality assurance through the TQM approach in the context of improving the quality of education in Indonesia. The study employed a literature review method using scientific articles, reference books, and research reports published in the last ten years. The results indicate that applying TQM principles—such as customer focus (students), strong leadership, involvement of all stakeholders, process-based approaches, and continuous improvement—is highly relevant in the educational system. A structured quality assurance strategy can enhance school management effectiveness, teacher performance, and student satisfaction. This study recommends integrating the quality assurance system into national education policies and strengthening the culture of quality within educational institutions
References
Andini, S., & Firmansyah, R. (2021). Partisipasi Aktif Guru dalam Perencanaan dan Evaluasi Kurikulum: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 83-97.
Dewi, S., & Iskandar, M. (2020). Pendekatan Sistem dalam Pendidikan: Meningkatkan Integrasi dan Keterkaitan Komponen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 22(1), 56-70.
Fadilah, M., & Yusran, S. (2022). Evaluasi Berbasis Proses dalam Pendidikan: Pendekatan yang Lebih Efektif dalam Menangani Masalah Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 19(2), 74-88.
Fitri, A., & Nugroho, P. (2019). Kepemimpinan dalam Pendidikan: Menciptakan Budaya Mutu yang Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(2), 44-58.
Hartati, S. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan: Dampaknya pada Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan, 18(2), 45-58.
Irwan, A., & Sari, R. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 18(3), 215-229.
Kurniawan, H., & Prasetya, A. (2023). Analisis Penerapan Total Quality Management dalam Lembaga Pendidikan Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 22–35. https://doi.org/10.21009/jmp.v15i1.2023
Lestari, S., & Mulyadi, D. (2021). Komunikasi Efektif dalam Kepemimpinan Pendidikan: Meningkatkan Kerja Sama antara Kepala Sekolah, Guru, dan Orang Tua. Jurnal Pendidikan dan Kepemimpinan, 15(3), 112-125.
Mahendra, T. (2022). Komitmen Manajemen Puncak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Perspektif Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 19(1), 67-80.
Ningsih, L., & Hakim, M. (2022). Kepuasan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dan Implikasinya terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 101-115.
Nurwahida, A., & Agustin, T. (2023). Sistem Pendidikan yang Terintegrasi: Meningkatkan Kolaborasi Antar Elemen Pendidikan untuk Hasil yang Optimal. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(4), 88-102.
Nugroho, B., & Yuliana, S. (2021). Perbaikan Berkelanjutan dalam Pendidikan: Evaluasi dan Inovasi untuk Kualitas Pendidikan yang Lebih Baik. Yogyakarta: Penerbit Pendidikan.
Prasetyo, D., & Hakim, F. (2022). Kolaborasi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Peran Semua Pihak dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 10(2), 101-113.
Prasetyo, A., & Pratama, Y. (2022). Tantangan Mutu Pendidikan di Era Digitalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 134–141.
Prasetyo, H., & Widyastuti, A. (2020). Kolaborasi Pemangku Kepentingan dalam Pendidikan: Meningkatkan Kualitas Melalui Keterlibatan Semua Pihak. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(3), 120-134.
Putri, M. D., & Hidayat, D. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di Sekolah Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 22–30.
Ramadhani, F., & Nurlela, I. (2023). Analisis Hambatan Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Pendidikan, 5(1), 44–52.
Rohmatika, N., & Yuliani, E. (2021). Strategi Penerapan TQM untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3), 175–182.
Sari, R., & Rahmat, D. (2020). Fokus pada Pelanggan dalam Pendidikan: Meningkatkan Kualitas Layanan untuk Pengalaman Belajar yang Lebih Baik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(1), 22-34.
Setiyati, A., & Kusumawardani, S. (2022). Analisis Konten sebagai Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan dalam Kajian Pendidikan. Jurnal Metodologi Pendidikan, 7(2), 109–117. https://doi.org/10.21831/jmpd.v7i2.2022
Syamsuddin, M., & Fauziah, R. (2021). Pengaruh TQM terhadap Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Profesi, 8(4), 210–219.
Syahril, A., & Handayani, S. (2023). Kepemimpinan Berbasis Data: Pengambilan Keputusan dalam Meningkatkan Sistem Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(4), 98-110.
Wahyuni, N., & Supriyanto, A. (2020). Total Quality Management dalam Pengelolaan Sekolah di Era Industri 4.0. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 101–110.
Wulandari, D., & Yuniarti, S. (2020). Studi Literatur dalam Penelitian Pendidikan: Strategi Pengembangan Kajian Teoretis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.32585/jipi.v5i1.2020
Yusuf, H. (2023). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Pengalaman Peserta Didik: Mengembangkan Sistem Feedback untuk Perbaikan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(4), 76-89.
Yusuf, H. (2023). Keterlibatan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran: Meningkatkan Motivasi dan Tanggung Jawab Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(4), 99-112).
Zulkarnain, M. (2023). Inovasi dalam Pendidikan: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Teknologi dan Metode Baru. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(1), 80-94.
Copyright (c) 2025 Abd. Rahman Saleh, Rosmiati Ramli, Syamsuriah Syamsuriah, Suherni Suherni, Jupri Jupri, Ismail Mulias

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.