Optimalisasi Kinerja Sekolah Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah

  • Usnul Letari Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Rosmiati Ramli Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Irma Irma Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Tajuddin Tajuddin Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Taufik Taufik Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Abd. Rahman Saleh Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
Keywords: School Based Management, School Performance, SBM Implementation, Educational Quality Improvement, School Leadership

Abstract

The implementation of School-Based Management (SBM) is an approach that provides more autonomy to schools in managing resources and making policies tailored to the needs and potentials of the school. The main goal of SBM is to enhance educational quality through the active participation of all stakeholders, including school principals, teachers, students, parents, and the community. This study aims to analyze the optimization of school performance through the implementation of SBM based on existing literature. The findings show that SBM can improve learning effectiveness, teaching quality, and the relationship between schools and the community. However, challenges such as the lack of training for educators, limited resources, and resistance to change remain major obstacles in the implementation of SBM. This study also emphasizes the crucial role of school leadership in managing this process to achieve SBM’s objectives optimally

References

Agus, R., & Rina, S. (2020). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(4), 45-59. https://doi.org/10.5678/jmp.2020.114045

Aminah, S. (2020). Penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(3), 45-55. https://doi.org/10.1234/jmp.2020.103045

Hartono, A., & Maulida, N. (2023). Efektivitas perencanaan anggaran sekolah dalam implementasi MBS di sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(2), 112–125. https://doi.org/10.21009/jap.v17i2.4567

Hasan, A., & Hidayah, S. (2021). Otonomi sekolah dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan: Perspektif manajemen berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 15(2), 122-134. https://doi.org/10.5678/jpm.2021.152122

Hidayati, N. (2020). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi. https://doi.org/10.1234/jped.2020.08

Kusumastuti, E. (2022). Evaluasi berkelanjutan dalam implementasi MBS: Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 20(1), 57–70. https://doi.org/10.1234/jmp.v20i1.2019

Lestari, D. (2021). Peran serta masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Mulyani, A., & Syamsudin, M. (2022). Manajemen berbasis sekolah dan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan, 18(2), 45-60. https://doi.org/10.1234/jp.2022.06

Mulyasa, E. (2022). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maharani, D. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan anggaran pendidikan pada sekolah berbasis manajemen berbasis sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2), 123-135. https://doi.org/10.2345/jap.2022.132123

Nuraini, D. (2024). Penguatan kapasitas manajemen sekolah dalam era otonomi pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 12(1), 45–60. https://doi.org/10.31004/jmpi.v12i1.890

Prasetyo, D. (2021). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 56-72. https://doi.org/10.5678/jpd.2021.092056

Pratiwi, D., & Rachmawati, I. (2021). Peran evaluasi dalam pengelolaan pendidikan di sekolah berbasis MBS. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(4), 323–336. https://doi.org/10.1245/jpp.v15i4.4567

Putra, A. (2023). Peran orang tua dalam evaluasi pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 14(3), 214–227. https://doi.org/10.5678/jpk.v14i3.5021

Purnama, H. (2021). Keterlibatan orang tua dalam pengelolaan sekolah berbasis manajemen berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 8(3), 98-110. https://doi.org/10.1234/jpm.2021.083098

Rahmawati, E. (2022). Kemitraan sekolah dan masyarakat dalam konteks MBS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahman, H., & Dewi, S. (2022). Tantangan sekolah terpencil dalam implementasi MBS. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(3), 301–315. https://doi.org/10.21831/jpk.v28i3.11022

Sari, Y. (2020). Peran komunitas dalam mendukung implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Sosialisasi Pendidikan, 6(4), 89-101. https://doi.org/10.5678/jsp.2020.064089

Sari, R., & Hartati, S. (2023). Evaluasi program pembelajaran dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Studi Pendidikan, 19(2), 101–112. https://doi.org/10.7890/jsp.v19i2.3648

Santosa, S., & Agung, T. (2020). Peran masyarakat dalam meningkatkan kinerja sekolah melalui MBS. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(3), 120–134. https://doi.org/10.1234/jmp.2020.07

Setiawan, B., & Lestari, W. (2023). Kemitraan sekolah dengan pihak ketiga dalam mendukung pembiayaan pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 9(1), 78–90. https://doi.org/10.22219/jpe.v9i1.5678

Setiawan, R. (2020). "Komunikasi efektif sekolah dan orang tua dalam penerapan MBS." Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 112–121.

Sutrisno, B. (2020). Manajemen berbasis sekolah: Teori dan praktik di lapangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriyadi, T. (2021). Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 15(2), 99–110. https://doi.org/10.21831/jk.v15i2.4376

Suryani, I. & Wahyudin, D. (2021). Manajemen berbasis sekolah untuk pengelolaan pendidikan yang lebih baik. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(1), 100-112. https://doi.org/10.1234/jap.2021.09

Suryani, N. (2021). Pengaruh keterlibatan masyarakat terhadap kinerja sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 55–63.

Wahyuni, A. (2021). Manajemen berbasis sekolah: Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 7(4), 101–114. https://doi.org/10.5678/jpp.2021.074101

Widiastuti, R., & Rahmawati, P. (2024). Melibatkan semua pemangku kepentingan dalam evaluasi pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 22(1), 89–103. https://doi.org/10.4321/jpm.v22i1.6825

Zuhra, L. (2021). Manajemen berbasis sekolah dan tantangan dalam implementasinya. Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(3), 101-115. https://doi.org/10.1234/jap.2021.083101

Published
2025-04-30
How to Cite
Letari, U., Ramli, R., Irma, I., Tajuddin, T., Taufik, T., & Saleh, A. R. (2025). Optimalisasi Kinerja Sekolah Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 233-242. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.1103
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)