PENGARUH JENIS TEPUNG TERHADAP KARAKTERISTIK KARBOHIDRAT DAN ORGANOLEPTIK KERUPUK STICK TEMPE

  • Hastian .
  • Erlina Basir
Keywords: : Pengolahan,Jenis Tepung, Kerupuk Stick, Tempe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui pengaruh jenis tepung terhadap kadar karbohidrat dan sifat organoleptik dalam pembuatan kerupuk stick tempe.(2) untuk mendapatkan jenis tepung yang tepat dalam pembuatan kerupuk stick tempe. Pelaksanaan Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Perlakuan yang diterapkan adalah menggunakan tiga jenis tepung yaitu tepung terigu (A1)250 gram, tepung sagu (A2)250 gram dan kombinasi tepung terigu 125 gram dan tepung sagu 125 gram (A3) . Parameter yang diamati adalah parameter kimia berupa kadar karbohidrat, dan organoleptik berupa warna, aroma, rasa dan kerenyahan.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Jenis tepung berpengaruh sangat nyata terhadap kadar karbohidrat kerupuk stick tempe.(2) Jenis tepung berpengaruh sangat nyata terhadap sifat organoleptik warna, rasa dan kerenyahan kerupuk stick tempe, tetapi tidak berpengaruh terhadap aroma kerupuk stick tempe. (3) Perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan penggunaan tepung kombinasi tepung terigu dan tepung sagu dengan kadar karbohidrat 55,60%, warna 4,2 (suka), aroma 4 (suka), rasa 4,3 (suka) dan kerenyahan 4,4 (suka).

Published
2022-06-27
How to Cite
., H., & Basir, E. (2022). PENGARUH JENIS TEPUNG TERHADAP KARAKTERISTIK KARBOHIDRAT DAN ORGANOLEPTIK KERUPUK STICK TEMPE. Sultra Journal of Economic and Business, 3(1), 79-92. https://doi.org/10.54297/sjeb.Vol3.Iss1.238