Konsep Dan Praktik Manajemen Pembiayaan Di Lembaga Pendidikan

  • Fachrizal Nover Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Jambi
  • Kasful Anwar Us
  • Shalahudin Shalahudin
Keywords: Manajemen Pendidikan, Pembiayaan, Konsep, Praktik, Lembaga Pendidika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan praktik manajemen pembiayaan di lembaga pendidikan sebagai elemen kunci dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan berkelanjutan. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini mengkaji berbagai literatur yang relevan untuk menggambarkan pentingnya prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan yang terencana dan inovatif memungkinkan lembaga pendidikan mengoptimalkan sumber daya keuangan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur, tenaga pendidik, dan pengembangan kurikulum. Sinergi antara berbagai sumber pendanaan, seperti pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, juga menjadi strategi penting dalam mengatasi tantangan pembiayaan, khususnya di wilayah dengan keterbatasan akses dan fasilitas pendidikan. Kesimpulannya, praktik manajemen pembiayaan yang efektif tidak hanya mendukung keberlangsungan operasional lembaga pendidikan, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan, sehingga mampu mencetak generasi yang kompeten, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan global.

References

Aflaha, A., Purbaya, D., Juheri, D., & Barlian, U. C. (2021). Analisis standar pembiayaan pendidikan. MASILE, 2(1), 24–59.

Andiawati, E. (2017). Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan/Sekolah. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 170–185.

Andriani, N., Ilyas, D., Hidayat, M., Rasmanah, C., & Nurjamiludin, I. (2024). Manajemen Pembiayaan Pendidikan melalui Integrasi Sumber-Sumber Pendanaan. Jurnal Pelita Nusantara, 2(2), 204–211.

Aripin, J., & Nugraha, M. S. (2024). Konsep dan Sistem Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 58–66.

Arsyad, J. (2018). Otonomi Pendidikan Dan Pembiayaan Pendidikan. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 3(2), 27–38.

Fajri, A. (2018). Pengaruh Pengawasan Preventif dan Pengawasan Detektif terhadap Efektifitas Pengendalian Anggaran. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 12(6).

Fattah, N. (2008). Pembiayaan pendidikan: landasan teori dan studi empiris. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, 1–4.

Ferdi, W. P. (2013). Pembiayaan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578.

Fihana, M. Y. O. (2024). Strategi dan Konsep Teoritis dalam Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 189–208.

Gani, F. D., Pananrangi, A. R., & Ismail, I. (2022). Pengaruh komitmen, sumber daya manajemen, pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran berbasis kinerja pada dinas sosial provinsi sulawesi selatan. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 4(2), 79–84.

Hermawan, R. (2010). Pengembangan sumber daya sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–17.

Imron, M. J. (2016). Manajemen pembiayaan sekolah. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 1(1), 69–93.

Kartika, D., Mujahidin, E., Indra, H., Indupurnahayu, I., & Andriana, N. (2023). Perencanaan Keuangan Lembaga Pendidikan Islam. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 134–155.

Mesiono, M., & Haidir, H. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Analisis Konsep dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan). Hikmah, 17(2), 61–73.

Mesiono, M., & Roslaeni, R. (2021). Model-model pembiayaan pendidikan (analisis efektivitas dan efisiensi dalam institusi pendidikan). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 2(1), 1–18.

Muhajir, N. M. N., Bachtiar, M., & Fauzi, A. (2023). Pentingnya Manajemen Pembiayaan dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4684–4689.

Mulyanti, D. (2017). Manajemen keuangan perusahaan. Akurat| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 8(2), 62–71.

Nurhalimah, S. (2019). Konsep dan jenis pembiayaan pendidikan. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).

Pancarini, S., Soepini, D., & Yanto, R. (2022). Manajemen Pembiayaan Sekolah. Unisan Jurnal, 1(3), 354–361.

Purnomo, B., & Putri, C. (2018). Akuntabilitas, Transparansi, Pengawasan dan Kinerja Anggaran Berkonsep Value For Money. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 467–480.

Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77.

Rusdiana. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. TRESNA BHAKTI Press Bandung.

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2020). Pembiayaan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280.

Sugeng, B. (2017). Manajemen Keuangan. Penerbit Mitra Wacana Media.

Usman, J. (2016). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219–246.

Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822–3835.

Published
2025-04-10
How to Cite
Nover, F., Anwar Us, K., & Shalahudin, S. (2025). Konsep Dan Praktik Manajemen Pembiayaan Di Lembaga Pendidikan. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 56-64. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.842
Section
Articles