Manajemen Pendidikan Lintas Budaya dan Negara, Networking, Webworking, Kompetisi, dan Keunggulan Bersaing di Era 4.0 dan 5.0
Manajemen Pendidikan Lintas Budaya dan Negara, Networking, Webworking, Kompetisi, dan Keunggulan Bersaing di Era 4.0 Dan 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dua aspek kunci dalam manajemen pendidikan global di era modern. Pertama, penelitian ini membahas bagaimana institusi pendidikan dapat mengelola lintas budaya dan negara secara efektif dalam konteks globalisasi. Globalisasi telah mendorong institusi pendidikan untuk menghadapi keragaman budaya, perbedaan sistem pendidikan, dan kebutuhan global yang terus berkembang. Strategi yang adaptif dan kolaboratif diperlukan untuk menciptakan lingkungan pendidikan inklusif yang mampu memfasilitasi pembelajaran lintas budaya dan meningkatkan kompetensi global peserta didik. Kedua, penelitian ini menyoroti peran teknologi digital, khususnya networking dan webworking, dalam mendukung manajemen pendidikan global di era Revolusi Industri 4.0 dan 5.0. Teknologi digital telah membuka peluang baru bagi kolaborasi lintas batas, berbagi sumber daya pendidikan, dan pembelajaran berbasis data. Dengan memanfaatkan platform digital, institusi pendidikan dapat mempercepat transformasi menuju pendidikan yang lebih efisien, terhubung, dan berkelanjutan di tingkat global. Hasil penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi institusi pendidikan dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang globalisasi serta kemajuan teknologi.
References
Abed, E. K. (2019). Electronic learning and its benefits in education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(3), em1672.
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.
Asnawati, A., Kanedi, I., Utami, F. H., Mirna, M., & Asmar, S. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Di Dunia Pendidikan Era 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 67–72.
Cloete, A. L. (2017). Technology and education: Challenges and opportunities. HTS: Theological Studies, 73(3), 1–7.
Criollo-C, S., Guerrero-Arias, A., Jaramillo-Alcázar, Á., & Luján-Mora, S. (2021). Mobile learning technologies for education: Benefits and pending issues. Applied Sciences, 11(9), 4111.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.
Gibson, C., H. Hardy III, J., & Ronald Buckley, M. (2014). Understanding the role of networking in organizations. Career Development International, 19(2), 146–161.
Hajisoteriou, C., & Sorkos, G. (2023). Towards a new paradigm of “Sustainable Intercultural and inclusive education”: A comparative “blended” approach. Education Inquiry, 14(4), 496–512.
Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78.
Muhammad Ali Sibram, M. (2014). Kepemimpinan pendidikan perspektif lintas budaya. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam Multikultural, 2(1), 52–67.
Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838.
Raba, H. (2023). Peran Manajemen Komunikasi Lintas Budaya Dalam Kaitan Dengan Multkulturalisme Di Lingkungan Perusahaan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(1).
Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., Pirmani, P., Nurhasanah, N., Nirwana, I., & Mahmudah, K. (2023). Landasan Pendidikan: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Redman, L., & Redman, L. (2018). Culture of Webworking: Knowing with an Endless Catalogue of Resources. Knowing with New Media: A Multimodal Approach for Learning, 91–115.
Subandowo, M. (2022). Teknologi pendidikan di era society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1).
Suryanto, S. (2001). Manajemen Lintas Budaya. The Winners, 2(2), 137–150.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi industri 4.0 dan society 5.0 terhadap pendidikan di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184.
Tenzer, H., & Pudelko, M. (2015). Leading across language barriers: Managing language-induced emotions in multinational teams. The Leadership Quarterly, 26(4), 606–625.
Copyright (c) 2025 Audra Ayu Bagascary, Kasful Anwar Us, Shalahudin Shalahudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.