Urgensi dan Kontribusi Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan

  • Meira Dwi Indah Purnama Institut Islam Mambaul Ulum Jambi
  • Kasful Anwar Us
  • Shalahudin Shalahudin
Keywords: Manajemen Pendidikan, Komunikasi, Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelaah secara mendalam urgensi dan kontribusi komunikasi dalam manajemen pendidikan. Pertama, penelitian ini membahas bagaimana fungsi dan tujuan komunikasi serta dilanjutkan urgensinya dalam mengelola lembaga pendidikan. Selanjutnya penelitian ini menganalisis kontribusi komunikasi dalam manajemen pendidikan. Hasil penelitian ini bahwa komunikasi memainkan peran krusial dalam manajemen pendidikan sebagai jembatan penghubung antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pendidik, siswa, orang tua, dan masyarakat. Urgensi komunikasi dalam manajemen pendidikan terletak pada kemampuannya untuk menciptakan sinergi, membangun kepercayaan, serta memastikan penyampaian visi dan misi lembaga pendidikan secara efektif. Kontribusi komunikasi mencakup penguatan hubungan interpersonal, peningkatan kolaborasi tim, serta penyelesaian konflik secara konstruktif. Dalam konteks pendidikan, komunikasi yang efektif mendukung perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan, sekaligus mendorong pencapaian tujuan institusi. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan komunikasi yang strategis menjadi kebutuhan esensial bagi pemimpin pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan produktif.

References

Abdullayev, A. A. (2020). System of information and communication technologies in the education. Science and World International Scientific Journal, 2(5), 19.

Barlian, U. C., & Ismelani, N. (2022). Metaverse sebagai upaya menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2133–2140.

Casillas Martín, S., Cabezas Gonzalez, M., & Garcia Penalvo, F. J. (2020). Digital competence of early childhood education teachers: attitude, knowledge and use of ICT. European Journal of Teacher Education, 43(2), 210–223.

Christensen, T., & Lægreid, P. (2020). The coronavirus crisis—crisis communication, meaning-making, and reputation management. International Public Management Journal, 23(5), 713–729.

Dar, M. A., & Dar, H. M. (2019). Contribution of effective communication in educational settings: A critical review. International Journal of Research in All Subjects in Multi Languages, 7 (8), 13–20.

Diana, D., & Misran, M. (2021). Peran Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 1–8.

Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal dan manajemen konflik terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.

González-Pérez, L. I., & Ramírez-Montoya, M. S. (2022). Components of Education 4.0 in 21st century skills frameworks: systematic review. Sustainability, 14(3), 1493.

Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363.

Khoiruddin, A. (2012). Peran Komunikasi dalam Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(1). https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/tribakti/article/view/17

Kwan, P. (2020). Is transformational leadership theory passé? Revisiting the integrative effect of instructional leadership and transformational leadership on student outcomes. Educational Administration Quarterly, 56(2), 321–349.

Lin, X., & Lin, C. (2020). Communication theories applied in mentimeter to improve educational communication and teaching effectiveness. 4th International Conference on Culture, Education and Economic Development of Modern Society (ICCESE 2020), 870–875.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245–1252.

Nasukah, B., Sulistyorini, S., & Winarti, E. (2020). Peran Komunikasi Efektif Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81–93.

Qobilovna, A. M. (2023). Communicative competence as a factor of teacher’s professional competency. American Journal Of Social Sciences And Humanity Research, 3(09), 32–44.

Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B. I. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 68–84.

Rubinstein, S. A. (2014). Strengthening Partnerships: How Communication and Collaboration Contribute to School Improvement. American Educator, 37(4), 22–28.

Ruslan, M. (2020). Contribution of principal transformational leadership and interpersonal communication through work motivation on teacher performance at all state junior high schools in banjarmasin utara sub-district. Journal of K6 Education and Management, 3(2), 178–186.

Siregar, F. A., & Usriyah, L. (2021). Peranan komunikasi organisasi dalam manajemen konflik. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 163–174.

Xie, F., & Derakhshan, A. (2021). A conceptual review of positive teacher interpersonal communication behaviors in the instructional context. Frontiers in Psychology, 12, 708490

Published
2025-04-09
How to Cite
Indah Purnama, M., Anwar Us, K., & Shalahudin, S. (2025). Urgensi dan Kontribusi Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 20-28. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.836
Section
Articles