Psikologi Pendidikan: Kecerdasan Manajemen dan Teknologi Informasi Komunikasi(Artificial Intelligence)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji psikologi pendidikan, kecerdasan manajemen, dan penerapan teknologi informasi komunikasi, khususnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), dalam manajemen pendidikan. Melalui pendekatan studi kepustakaan, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana sinergi antara psikologi, kecerdasan manajemen, dan teknologi dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih adaptif, inklusif, dan inovatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan holistik yang memadukan aspek manusiawi dan teknologi mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara signifikan. Temuan kajian ini terbagi menjadi tiga fokus utama. Pertama, psikologi manajemen dalam pendidikan, yang membahas peran aspek psikologis dalam pengelolaan pendidikan, termasuk strategi pengambilan keputusan, komunikasi interpersonal, dan kepemimpinan yang mendukung lingkungan pembelajaran yang produktif. Kedua, kecerdasan dalam manajemen pendidikan, yang mengupas tentang implementasi prinsip-prinsip kecerdasan, seperti pemecahan masalah, adaptabilitas, dan inovasi dalam konteks pengelolaan lembaga pendidikan. Ketiga, integrasi teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi berbasis AI, dalam pendidikan, yang meliputi pemanfaatan AI untuk mendukung proses pembelajaran, analisis data pendidikan, hingga peningkatan efisiensi administratif.Temuan ini menawarkan perspektif baru bagi para pendidik, manajer pendidikan, dan pembuat kebijakan untuk mengoptimalkan sumber daya manusia dan teknologi dalam menjawab tantangan pendidikan di era digital.
References
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.
Amelia, A., Manurung, K. A., & Purnomo, D. B. (2022). Peranan manajemen sumberdaya manusia dalam organisasi. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(2), 128–138.
Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi tujuan pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1430–1440.
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308–318.
Bahri, S., & Farizal, F. (2020). The effects of adversity quotient and spiritual quotient on teacher performance. Asian Journal of Science Education, 2(1), 64–70.
Christiana, E. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Humaniora, 4(1), 398–410.
Dinata, F. R. (2020). Pembelajaran Humanistik Dalam Mendorong Pengembangan Afeksi. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48–57.
Elbes, E. K., & Oktaviani, L. (2022). Character building in English for daily conversation class materials for English education freshmen students. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 36–45.
Engelbart, D. C. (2023). Augmenting human intellect: A conceptual framework. In Augmented Education in the Global Age (pp. 13–29). Routledge.
Fallah, V., Khosroabadi, S., & Usefi, H. (2015). Development of emotional quotient and spiritual quotient: The strategy of ethics development. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 49, 43–52.
Glikson, E., & Woolley, A. W. (2020). Human trust in artificial intelligence: Review of empirical research. Academy of Management Annals, 14(2), 627–660.
Goriounova, N. A., Heyer, D. B., Wilbers, R., Verhoog, M. B., Giugliano, M., Verbist, C., Obermayer, J., Kerkhofs, A., Smeding, H., & Verberne, M. (2018). Large and fast human pyramidal neurons associate with intelligence. Elife, 7, e41714.
Habibullah, N. (2020). PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(2), 25–38.
Hadi, I. A. (2017). Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 168–251.
Kamza, M., Rasnawi, R., & Furqan, M. H. (2020). Pendidikan Humanistik Melalui Pembelajaran Sejarah (Suatu Kajian Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional). Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 33–39.
Kawadler, J. M., Clayden, J. D., Clark, C. A., & Kirkham, F. J. (2016). Intelligence quotient in paediatric sickle cell disease: a systematic review and meta‐analysis. Developmental Medicine & Child Neurology, 58(7), 672–679.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119–125.
Newcomb, T. M., Turner, R. H., & Converse, P. E. (2015). Social psychology: The study of human interaction. Psychology Press.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).
Popovych, I., Halian, I., Pavliuk, M., Kononenko, A., Hrys, A., & Tkachuk, T. (2022). Emotional quotient in the structure of mental burnout of athletes. Journal of Physical Education & Sport, 22(2).
Purnomo, S. A. (2024). Manajemen pendidikan Islam dan AI: Peluang dan tantangan. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 6(1), 44–53.
Sweller, J. (2016). Cognitive load theory, evolutionary educational psychology, and instructional design. Evolutionary Perspectives on Child Development and Education, 291–306.
Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 51–61.
Wang, L., Wee, C.-Y., Suk, H.-I., Tang, X., & Shen, D. (2015). MRI-based intelligence quotient (IQ) estimation with sparse learning. PloS One, 10(3), e0117295.
Weisberg, D. S., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., Kittredge, A. K., & Klahr, D. (2016). Guided play: Principles and practices. Current Directions in Psychological Science, 25(3), 177–182.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.
Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). The development of affective learning model to improve student’s emotional quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19).
Copyright (c) 2025 Boby Yasman Purnama, Kasful Anwar Us, Shalahudin Shalahudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.