Standar Nasional Pendidikan dalam mendukung Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Abstract
Pendidikan merupakan bagian penting dari pembangunan negara, tetapi pencapaian pendidikan di Indonesia saat ini belum mencapai standar yang paling tinggi. Pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan masih melakukannya. Delapan standar yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah digunakan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Berbagai kebijakan pemerintah memasukkan isi standar ini. Namun, banyak masalah masih ditemui untuk mencapai tujuan ini, seperti kualitas pendidikan yang rendah. Dalam artikel ini, kami berusaha untuk memberikan deskripsi singkat tentang standardisasi pendidikan, delapan standar pendidikan nasional, dan berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian standar pendidikan nasional di sekolah dasar dan menengah. Pendidikan harus dilaksanakan sesuai dengan berbagai kriteria yang ditetapkan oleh berbagai peraturan perundang-undangan. Dari hasil artikel ini diketahui bahwa standar pendidikan masih menghadapi berbagai masalah, terutama pada komponen standar kompetensi lulusan, standar sarana dan prasarana yang tidak mencukupi, standar pendidik dan tenaga kependidikan, serta pengelolaan standar.
References
Arifin, A. (2007). Profil Baru Guru dan Dosen Indonesia. Jakarta: Penerbit Pustaka Indonesia.
Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, M. (2016). Pencapaian Standar Nasional Pendidikan Berdasarkan Hasil Akreditasi SMA Di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2).
Hidayat, A., & Machali, I. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Kaukaba.
Kusnandar. (2009). Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurdin, D., & Sibaweh, I. (2015). Pengelolaan Pendidikan dari Teori Menuju Implementasi, Jakarta: Rajawali Pers.
Raharjo, S. B. (2014). Kontribusi Delapan SNP terhadap Pencapaian Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4).
Rizali, A., dkk. (2009). Dari Guru Konvensional Menuju Guru Professional. Jakarta: Grasindo.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Silberman, M. L. (2009). Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana, N., & Ibrahim. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Tilaar, H.A.R. (2012). Standarisasi Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.
Zazin, N. (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Arruzz Media
Copyright (c) 2024 Ahmad Ikbal, Andrianto Andrianto, Ahmad Lahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.