Kurikulum Pendidikan Islam Modern
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan untuk mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mampu mengintegrasikan metode pembelajaran modern guna meningkatkan kualitas pendidikan agama di era Modern.Kurikulum Pendidikan Agama Islam adalah rumusan tentang tujuan, materi, metode, dan evaluasi pendidikan yang bersumber pada ajaran agama Islam.Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran Islam.Dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Pendidikan agama Islam melibatkan upaya yang berkelanjutan dalam membimbing serta mendidik peserta didik dengan tujuan memahami ajaran Islam secara komprehensif. Pendidikan Islam merupakan aspek penting dalam kehidupan umat Muslim.Bersamaan dengan perjalanan waktu, pendidikan Islam juga turut mengalami transformasi dan adaptasi agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Salah satu faktor yang memainkan peran penting dalam perubahan ini adalah teknologi. Dalam era revolusi industri saat ini, teknologi memiliki implikasi yang signifikan terhadap eksistensi pendidikan Islam. Pendidikan Islam di era digital memberikan peluang yang luas untuk memperluas akses, mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif, dan memperkuat pemahaman agama. Penggunaan teknologi digital dapat menjadi alat yang kuat dalam menjembatani kesenjangan pendidikan dan memperkuat pemahaman agama dalam masyarakat yang semakin terhubung secara global.
References
Alhaddad, M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 57–66.
Alvizar D.A (2023). Pola modern organisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), DOI: 10.32832/idarah.v4i2.14793
Glatthorn, A. A. (1987). Curriculum Leadership. Eric.
Herlina, R., Misbahuddin, M., & Sultan, L. (2023). Korelasi Hukum Islam Dalam Pembinaan Kesadaran Hukum Masyarakat. Jurnal Keislaman, 6(2), 298–310
Husein, S. (2018). Urgensi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Mts Nurul Ikhlas Kalapa Dua Seram Bagian Barat. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–13.
Khadafi, Z. A., Oktariani, C., Asri, M., & Silalahi, S. B. P. (2023). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 1–7.
Langgulung, H. (2000). Asas-Asas Pendidikan Islam, Edisi Revisi. Jakarta, Al-Husna Zikra, 350..
Mukhid, M. P. (2023). Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan. Pustaka Egaliter. Com
Mustaqim, Y. (2014). Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1).
Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam I (Jakarta; Logos Wacana Ilmu, 1997). Paradigma Pendidikan Islam, Kapita Selekta Pendidikan Islam.
Nidawati, N. (2021). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 22. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V11i1.8427
Nurdiyanto & Muhajir. (2024). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam di Era Modern. Jurnal Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, 9(1). April, 2024 Hlm:16-38
Nurhasnah, Remiswal, A. S. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. Jenis Dan Model Evaluasi Pendidikan. 7, 28204–28220.
Nurhidin, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1). Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2).
Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia. Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(2), 114–126.
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Rasyidin, A. (2008). Falsafah Pendidikan Islami. Perdana Publishing.
Ridlo, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Islam Bagi Pesera Didik Di Abad Ke-21. Scholastica: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 18–27.
Salim, A. (2019). Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2).
Samad, S. A. A. (2021). Diskursus Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97–108.
Sari, A. I., & Setyaningsih, R. (2023). Islamic Education Curriculum Planning Model. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” n.d.
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1).
Zainuri, Habib. (2024). Blending Traditional and Modern Methods: A New Curriculum Framework for PAI. Jurnal Al – Mau’izhoh, 6(1).
Copyright (c) 2024 Evi Suryaningrum, Badriyatul Muniroh, Fitri Gusnita, Ahmad Lahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.