Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) (2) kemampuan berpikir kreatif matematis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (3) keefetivan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Kelas eksperimen menerapkan model pembalajran MMP dan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran langsung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan dianalisis menggunakan uji t-Separated Varians untuk membandingkan kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > t table (6,24 > 1,706) maha H0 ditolak. Sehingga model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa daripada model pembelajaran langsung.
References
Amallia, S., Saleh, S., & Hasibuan, E. K. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Menggunakan Model MMP dan TGT. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4), 492–497.https://ejournal.yana.or. id/index.php/relevan/article/view/543
Darwanto. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Eksponen, 9(2), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.56
Deswita, Hasnawati, & Yumiati. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreati dan Kemandirian Belajar Matematis Murid Sekolah Dasar. Journal Dharmas Education, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1207
Fatmala, E. A. & Kusno (2023). Analisis Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal DidacticalMathematics, 5(2), 117–126.. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5175
Hutapea, Renti.N., (2023) Keefektifan Pembelajaran Model MMP Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IX. Journal Educational Research and Social Studies, 4(2), 120-129. https://doi.org/10.51178/cjerss.v4i2.1295
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R.(2018).Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.
Lestari, T. T., & Warmi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Al Minhaj Tamansari. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 121–130. https://doi.org/10.22460/jpmi. v6i1.13844
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17
Putri, A.A.,Fuady,A., & Alifiani (2023). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran. 18(19),1-12. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/21584/16100
Rasli, A., Askois, A., & Lestari, D. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8(1), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.706
Sa'adah,N., & Lestari M. (2024). The Effectiveness of Missouri Mathematics Project Learning Model on Mathematical Creative Thinking Ability and Mathematical Dispositon in Students. Journal of technology in mathematics education. 2(2), 116-126. https://doi.org/10.33367/jtme.v2i2.4165
Siregar, M. A. P., & Handayani, T. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajan Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 138–142. https://jurnal. pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/83
Siska, J., & Susanto, E. (2019). Pengembangan Metode Pembelajaran Missouri Mathematics Project ( MMP ) Berbasis Teknologi di SMKN 5 Kota Bengkulu. 343–349. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/sintaks/article/view/899
Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Tinda, E. M., Wahyuni, R., & Mandasari, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jmse. v2i1.581
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Journal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Opend-Ended. Jurnal Imiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://core.ac. uk/download/pdf/322552503.pdf
Copyright (c) 2024 Syamsiah Syamsiah, Made Subawo, Ully Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.