Pengembangan Keterampilan Sosial- Emosional pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain

  • Hasbi Hasbi Universitas Sulawesi Tenggara
  • Sulfikar Sallu Universitas Sulawesi Tenggara
Keywords: keterampilan sosial-emosional, anak usia dini, aktivitas bermain, interaksi sosial

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan keterampilan sosial-emosional anak usia dini melalui aktivitas bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada anak usia 4-5 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bermain, seperti permainan peran dan bermain kooperatif, berkontribusi dalam meningkatkan empati, kerja sama, serta kemampuan mengelola emosi. Interaksi sosial selama bermain membantu anak memahami norma sosial dan mengembangkan keterampilan komunikasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan bermain dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak usia dini

References

Alvionita, Wa Ode Nursinta, Sri Yuliani M, and Nurhayati Nurhayati. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Melalui Metode Bermain Peran.” Jurnal Amal Pendidikan 1(3): 260. doi:10.36709/japend.v1i3.15829.

Ariyanti, Nova, Marleni, and Mega Prasrihamni. 2022. “Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di SD Negeri 10 Palembang.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4): 1450–55. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462.

Aulia, Nelfa Rizki, and Muhammad Ishaq Gery. 2024. “Strategi Peningkatan Minat Belajar Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini Di RA Aisyiyah 2 Lebaksiuh.” Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah: 1584–90.

Aulina, Choirun Nisak. 2015. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 4(1): 59–69. doi:10.21070/pedagogia.v4i1.73.

Azwar, Saifuddin. 2005. “Signifikan Atau Sangat Signifikan?” Buletin Psikologi 13(1): 38–44.

Fadlilatur Rohmah, Mukhoiyaroh, and Hernik Farisia. 2021. “Melatih Konsentrasi Melalui Permainan Sensorimotor Pada Anak Kelompok A Dalam Pembelajaran Masa Kenormalan Baru Di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 3(2): 95–106. doi:10.15642/jeced.v3i2.1283.

Harianja, Ade Lasma, Rosmaimuna Siregar, and Jumaita Nopriani Lubis. 2023. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(4): 4871–80. doi:10.31004/obsesi.v7i4.5159.

Hendrawati. 2017. 11 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim “STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA.”

Ismail, Mohamad Helmi, Leli Halimah, Ayu Hopiani, and Muh. Asriadi AM. 2023. “Penguatan Kompetensi Guru PAUD Di Kabupaten Pangandaran Dalam Implementasi Merdeka Bermain Melalui Media Loose Parts.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma 3(3): 223–32. doi:10.33557/pengabdian.v3i3.2658.

Kluwer Online., Prathyusha. 2018. “Early Childhood Education Journal.” Early Childhood Education Journal 46(5): 523–34. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=130896756&site=eds-live.

Maryanah, Titik, and Risdianto Hermawan. 2024. “IMPLEMENTASI PERMAINAN BALOK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TK MUSLIMAT NU 17 TARBIYATUL.” 5(1): 1–4.

Matondang, Zulkifli. 2014. “Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian.” Applied Mechanics and Materials 496–500(1): 1510–15.

Mukhlis, Akhmad, and Furkanawati Handani Mbelo. 2019a. “Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional.” Preschool 1(1): 11–28. doi:10.18860/preschool.v1i1.8172.

Mukhlis, Akhmad, and Furkanawati Handani Mbelo. 2019b. “Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional.” Preschool 1(1): 11–28. doi:10.18860/preschool.v1i1.8172.

Nurjanah, Ayu Sufi. 2024. 15 UPI “PERAN GURU DALAM MENSTIMULUS AKTIVITAS BERMAIN PADA PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DIN.” https://repository.upi.edu/119920/1/S_PAUD_2009211_Title.pdf.

Purwandari, Elce, Nur Handayani, Okky Leo Agusta, Arni Mabruria, and Nik Haryanti. 2022. “Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) Melalui Metode Bercerita.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 9(1): 47–55. doi:10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.11685.

Rachmawati, Imami Nur. 2007. “Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara.” Jurnal Keperawatan Indonesia 11(1): 35–40. doi:10.7454/jki.v11i1.184.

Santrock. 2012. “Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangananak Usia Dini.” Jurnal Tarbawi 13(2): 2088–3102.

Sovia, Siti. 2016. “Jurnal Ilmiah Guru ‘COPE’, No. 02/Tahun XX/November 2016.” Jurnal Ilmiah Guru “COPE” (02): 1–7.

TAMA, AMRI. 2022. “Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Dukungan Teman Sebaya Dengan Stress Akademik Siswa.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG.

Published
2024-12-31
How to Cite
Hasbi, H., & Sallu, S. (2024). Pengembangan Keterampilan Sosial- Emosional pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 288-302. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.928
Section
Articles