Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 2 Lamangga

  • Fitriani B Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Awaluddin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Samritin Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Efektivitas, Model TGT, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa efektif model pembelajaran permainan tim  terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS di SD Negeri 2 Lamangga. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Artinya adalah desain di mana dua kelompok dipilih secara random, kemudian dilakukan tes uji coba untuk mengetahui apakah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda dalam keadaan awal. Jumlah poulasi di kelas IV A dan IV B adalah 57, dan dua kelas digunakan sebagai sampel. 28 siswa di kelas IV A digunakan sebagai kelas kontrol, dan 29 siswa di kelas IV B digunakan sebagai kelas eksperimen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Turnamen Tim (TGT) memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS.

References

Abrori, A. N., Sumadi, C. D., Telang, J. R., Kamal, K., Bangkalan, K., Jawa, P., & Kode, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296–315. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385

Anggraeni, A. (2019). MATHEMATICS. 7(2), 160–167.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Firmansyah, D. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12917

Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. In Penerbit K. Media. Penerbit K. Media. https://doi.org/10.5346/trbane.1954.193

Zulfa Arifia Rahmadani, Sherly Arinda May Listy, Dimas Agus Dwi S, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 28–45. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1806

Published
2024-12-30
How to Cite
B, F., Awaluddin, M., & Samritin, S. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 2 Lamangga. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 221-226. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.862
Section
Articles