Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA melalui Metode Eksperimen Kelas IV SD Negeri 1 Kambowa
Abstract
Penelitian ini fokus pada meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui metode eksperimen di kelas IV SD Negeri 1 Kambowa, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui metode pembelajaran eksperimen di SD Negeri 1 Kambowa. Metode penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis & MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kambowa yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklusya terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil pembelajaran siswa pada prasiklus sebelum menerapkan metode eksperimen terdapat 7 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 35%. Setelah menerapkan metode eksperimen pada siklu I siswa yang tuntas belajar menjadi 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 70%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode eksperimen dapat meningkat hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Kambowa.
References
Ali, A. M., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114-121.
Andriani, K. M., Fatonah, S., Wiranata, R. R. S., & Azzahra, I. M. (2022). Strategi Pembelajaran Daring Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9726-9735.
Arlian, K., Permana, D., Gading, I. K., Ayu, I. G., & Agustina, T. (2023). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD. 3(3), 14692–14704.
Awansyah, P. (2022). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Presentasi Belajar Siswa.Hal, 223. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas
Hurit, A. A., & Wati, M. L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 85-90.. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2455
Kusumah, W. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Manik, F. (2023, November). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model PBL Berbantuan Video Pada Materi Aku Pribadi Yang Unik Fase E di SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA (Vol. 4, No. 2, pp. 1209-1226).
Nasution, W. H. R. (2019). Pemanfaatan Media Knot dalam Pembelajaran IPA pada Sekolah Dasar di Era Revolusi 4.0. Vol, 3.Hal, 896. Universitas Negeri Medan.
Nilawati, N. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 7 Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Paedagogy, 8(3), 398. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3850
Puwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Somantri, A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Kelas V SD.
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 Ayat 1.
Copyright (c) 2025 Mitrakasih La Ode Onde, Anisa Rizkayati, Kusrini Kusrini, Winda Febrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.