Pentingnya Pedagogik Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia di Abad Ke-21
Abstract
Dewasa ini abad ke-21 khususnya dalam perkembangan teknologi informasi dam komonikasi (TIK) semakin cepat, diibaratkan seperti hanya dalam kurun waktu hitungan detik saja berbagai informasi dapat diterima dengan sangat mudah. Pun demikian dalam dunia Pendidikan semakin maju, seorang seyogyanya harus mamou dan bias dalam mengikuti setiap perubahan yang ada utamanya jika ada hubungan dengan teknologi. Saat ini, pendidik tidak hanya menawarkan mata pelajaran tradisional atau konvensional, tetapi mereka harus dapat menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran. Pendidik harus kreatif dan inovatif dalam merencanakan pembelajaran, terutama dalam pemanfaatan teknologi. Namun pada kenyataannya, pendidik Indonesia belum dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal. Masih banyak pendidik yang tampaknya belum siap dengan munculnya teknologi ini. Ketika Anda mempertimbangkan bahwa semua area saat ini menggunakan digitalisasi. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini yaitu 1) kompetensi pendidik pada abad ke-21 dengan penguasaan pedagogik digital, 2) kompetensi tambahan yang kompleks untuk dapat membangun budaya multiliterasi pada peserta didik era digital khususnya pada pendidik Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa pencarian literatur dengan mencari kemudian menganalisis berbagai sumber. Dari hasil penelitian ini, nampaknya pendidik harus memiliki keterampilan pedagogik digital agar pendidik dapat meningkatkan keterampilannya sesuai dengan pembelajaran abad 21. Nantinya diharapkan pendidik mampu bersaing untuk eksis di eranya. digitalisasi yang cepat.
References
Asdiniah, E. N. A. (2021). Urgensi dan Implikasi Pedagogik Kritis pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendaidikan Tambusai, 5(1), 1707–1712.
Asmoro, B. T., Dwinugraha, A. P., & Faridah, L. (2021). Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Melalui Teknologi Digital dalam Proses Belajar Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Karta Raharja, 2(1), 1–8.
Astutik, W. D. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik melalui Penerapan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SMAN 1 Ponggok Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 2(April), 43–53.
Barnawi & Arifin, M. (2014). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Budianarti, I., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Village, I. (2021). Menjadi pendidik profesional di era digital. JIEBAR, 02(3), 144–161.
Chaereul, A., & Srisaudarso, M. (2019). Produktif Beerbasis Infdformasi dan Teknologi pada Pendidik SMK. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1071–1078.
Daryanto. (2019). Pembelajaran Abad 21.Duryat, P. S., & Duryat, M. (2019). Paradigma Baru Manajemen Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 (1st ed., Vol. 1). CV Alfabeta.
Haadayani, D. O., Delinaah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Peserta didik Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Paascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–101
Hapsari, A. (2019). Implementasi pendekatan multiliterasi untuk pengajaran membaca dan menulis berbahasa Inggris di matakuliah reading and writing for occupational purposes. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(1), 49–66.
Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiprespektif (Y. Abidin (ed.); 1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara
Hendriani, A., Nuryani, P., & Ibrahim, T. (2019). Pedagoagik literasi kritis; sejarah, filsafat dan perkembangannya di dunia pendidikan. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 44–59.
Ilhami, B. S., & Khaironi, M. (2018). Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 59-65
Iswatiningsih, D. (2021). Pendidik dan Literasi Digital: Tantangan Pembelajaran di Era Industri 4.0. Peluang dan Tantangan Pembelajaran Digital di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0, 1, 232–245.
Kizi Zohidova, F. A. (2022). Integration of Pedagogical and Information Technologies in The Educational Process. INTERNATIONAL СONFERENCE ON LEARNING AND TEACHING, 1(6), 271-274.
Nopildaa, L., & Kristiaawan, M. (2018). Gerakan literasi sekolah berbasis pembelajaran multiliterasi sebuah paradigma pendidikan abad ke- 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2).
Pentury, H. J., Rangka, I. B., & Anggraeni, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Pendidik dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Kuis Interaktif Daring. Jurnal Surya Masyarakat, 3(2), 109– 114.
Perdani, B. UU. M., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan Menjadi Pendidik. Jurnal Pendidikan Akuntansi Negara, 19(2), 99–115.
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan abad 21: kompetensi digital pendidik masa depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.
Purfitasari, S., Masrukhi, M., Prihatin, T., & Mulyono, S. E. (2019). Digital Pedagogy sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 806-811).
Ramdhan, W., Nofriadi, & Dahriansyah. (2021). Masyarakat Bijaak dalam Memanfaatkan Sosial Media di Era Society 5.0. Juarnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 159–164.
Silverblatt, A. (2018). Media literacy and critical thinking. International Journal of Media and Information Literacy, 3(2), 66–71
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Pendidik. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 2.
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto. (2018). Higher Order Thinking Skills aAs Effect of Problem Based Learning in The 21st Century Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understaanding, 5(3), 96–105.
Yufita, Sihotang, H., & Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006
Copyright (c) 2024 Dedi Eko Riyadi Hs, Qurrotul A’yun Sufyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.