Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita

  • Nida Nabilah Limas Universitas Primagraha
  • Aini Anggraeni Universitas Primagraha
  • Ananda Putri Aliansi Universitas Primagraha
  • Sastra Wijaya Universitas Tanjungpura Pontianak
Keywords: Bimbingan dan konseling, Konselor, Tunagrahita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara berpikir dan pengembangan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa berkebutuhan khusus (ketidakmampuan belajar) di SD Negeri Batok Bali Ciracas Serang Tahun 2023. Penelitian lapangan yang digunakan dalam metode penelitian adalah wawancara, observasi. dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. metode. Analisis isi digunakan dalam analisis data. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa (1) siswa penyandang disabilitas intelektual mempunyai karakteristik yang berbeda-beda mengenai disabilitas yang dimilikinya; (2) Penyelenggaraan program pengabdian harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik; (3) Perlunya perubahan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan peserta didik; (4) Metode yang digunakan harus sesuai dengan sifat permasalahan yang dihadapi siswa; (5) Penggunaan media layanan merupakan bagian penting dalam keberhasilan program. (6) Evaluasi merupakan aspek penting dalam keberhasilan program pelayanan. (7) Sekolah harus bersinergi dengan unsur sekolah untuk menjamin kelancaran fungsi layanan bimbingan dan pembelajaran

 

References

Munawwaroh, L. (2018). Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Yang Ramah Anak. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 10(2), 173-186.

Lattu, A. (2018). Social and Economic Sustainability Tensions in the Finnish University System–Perspectives from two University Managements and the Ministry of Education and Culture.

Woolfolk, A., & Shaughnessy, M. F. (2004). An interview with Anita Woolfolk: The educational psychology of teacher efficacy. Educational psychology review, 16(2), 153-176.

Tumbull, K. F. (2004). July~ August. Transportation Partnerships in the Parks. TR News, 233, 14-23.

Tumbull, D., & FisherPC, M. C. (2004). Performance of breathing filters under wet conditions a laboratory evaluation. Br J An seath, 94, 675-682.

Aasamaa, K., Niinemets, Ü., & Sõber, A. (2005). Leaf hydraulic conductance in relation to anatomical and functional traits during Populus tremula leaf ontogeny. Tree physiology, 25(11), 1409-1418.

Rumalutur, N. A. (2018, August). The Attitudes Of In-Service And Pre-Service Teachers Toward Inclusive Education: A Comparative Study In Terms Of Teaching Experience, Interaction With Students With Special Educational Needs, And Training Experience. In International Conference on Intervention and Applied Psychology (ICIAP) 2018.

Santoso, S. B., Sukmawati, N. E., Wulandari, V. M., Mustikasari, E. W., & Khasanah, U. (2021). Utilization of herbal turmeric acid and acupressure techniques as an alternative therapy for dysmenorrheal disorders. Community Empowerment, 6(8), 1325-1333.

Muhajirin, M. (2020). IMPLEMENTASI SADD AL-DZARI’ AH DALAM AKAD MUAMALAH. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 87-99.

Gunawan, I. (2017, September). Indonesian Curriculum 2013: Instructional management, obstacles faced by teachers in implementation and the way forward. In 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017) (pp. 56-63). Atlantis Press.

Al Irsyadi, F. Y., & Nugroho, Y. S. (2015). Game edukasi pengenalan anggota tubuh dan pengenalan angka untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita berbasis kinect. Prosiding Snatif, 13-20.

Published
2024-12-23
How to Cite
Limas, N., Anggraeni, A., Aliansi, A., & Wijaya, S. (2024). Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 159-165. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.827
Section
Articles