Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Digital
Abstract
Penerapan teknologi dalam pembelajaran telah mendorong inovasi metode pengajaran, termasuk model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Digital. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok mahasiswa: kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji independent samples test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Digital.
References
Amir, A., & Solida, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2112. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.3018
Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 319–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7109
Hadi, S. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Digital: Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Di Kalangan Siswa Pada Pembelajaran Daring. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 591–606. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.106
Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 289–297. https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/150
Hayati, K., & Sman, D. I. (2024). Model pembelajaran project based learning ( pjbl ) dengan aplikasi canva untuk meningkatkan materi. 7, 15405–15410.
Jeniver, Muhyiatul, F., & Heffi, A. (2023). Literatur Review: Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 03(1), 10–20.
Maswi, R. Z., Syahrul, S., Arifin, A., & Datuk, A. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bahri Ternate Kabupaten Alor. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2395–2402. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2459
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Pamungkas, A. S., Rukhmana, T., Zahlimar, Kadirun, Dahlan, M. Z., & Wardany, K. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa. Masaliq, 4(4), 796–807. https://doi.org/10.58578/masaliq.v4i4.3180
Putri, F. E., & Hidayati, F. (2024). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Biodik, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.29762
Wahyudi, N. G., & Jatun. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education Web:, 2(3), 1030–1037.
Copyright (c) 2024 Iskandar Iskandar, Nina Ikhwati Wahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.