Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MTS Nurul Ikhlas Sidoarjo

  • Rofiqo Choirul Anam Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di MTs Nurul Ikhlas Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru yang bekerja di MTs Nurul Ikhlas Sidoarjo, yang dipilih menggunakan teknik sampling acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 guru, yang terdiri dari beberapa variabel, yaitu supervisi kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel terhadap kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, yang berarti bahwa semakin baik supervisi yang diberikan oleh kepala sekolah, semakin baik pula kinerja guru. Selain itu, motivasi kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, menunjukkan bahwa tingkat motivasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja guru. Secara bersamaan, supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di MTs Nurul Ikhlas Sidoarjo.

References

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 160-164.

Faiqoh, D. (2019). Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 7(1), 98-110.

Fitriyanti, F., Haryati, S., & Zuhairi, A. (2022). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1243-1251.

Hanim, Z., Sari, D. S., & Soe’oed, R. (2020). Kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(1), 43-60.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26-33.

Khaer, A. (2022). Perencaan Pendidikan: Problematika, Peranan Dan Fungsi Dalam Lembaga Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 48-63.

Marhawati, B. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 71-76.

Muslimin, T. P., & Fatimah, A. A. B. (2024). Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 55-72.

Nazara, A., Zalukhu, F., Mendrofa, H. F., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Afulu. Journal on Education, 6(1), 4295-4300.

Nurjanah, N., Qomariyah, S., & Nurachadijat, K. (2021). Peran manajemen sumber daya manusia pendidikan dalam peningkatan mutu sekolah. Jurnal Al Iqnaa, 1(1), 43-68.

Raimah, R., & Kamaruddin, K. (2022). Pengaruh Supervisi, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Kelas di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. IndOmera, 3(5), 1-9.

Saidah, S., & Prihatin, E. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Dalam Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 373-382.

Suciningrum, F., Rhamanda, A. Z., & Handayani, M. (2021). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Available at SSRN 3864629.

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13-29.

Wahyuni, E., Ahyani, N., & Mahasir, M. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14018-14017.

Published
2024-12-23
How to Cite
Anam, R., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MTS Nurul Ikhlas Sidoarjo. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 86-92. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.801
Section
Articles