Implementasi E-Modul Project Based Learning pada Pembelajaran PAI dalam meningkatkan Keaktifan Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo

  • Mifta Lailatul Jannah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: E-Modul, Project Based Learning, Pembelajaran PAI, Keaktifan Belajar Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi e-modul berbasis Project Based Learning (PBL) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan keaktifan belajar santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait pelaksanaan e-modul PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-modul PBL dalam pembelajaran PAI secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar santri. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan partisipasi aktif santri dalam diskusi kelas, kemampuan berpikir kritis, serta keterampilan kolaboratif dalam menyelesaikan proyek-proyek pembelajaran. Selain itu, penggunaan e-modul PBL juga memberikan fleksibilitas dalam akses materi pembelajaran, sehingga santri dapat belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan dan waktu yang mereka tentukan.

References

Adib, M. A. (2024). Menuju Pembelajaran Madrasah yang Lebih Efektif: Sebuah Solusi dan Pendekatan Baru. Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1).

A'rop, Y., & Hadi, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran IPS Berbasis Project-Based Learning dengan Kearifan Lokal di SMPIT BBS Bogor. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(2), 702-713.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793.

Fajarwati, A. (2022). Pengembangan E-module Audiovisual Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa SMP Pada Mata Pelajaran Matematika (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.

Fatahilah, A., Farhana, M. S., & Khosiah, N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X TKJ di SMK AN-NUR. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 274-283.

Fitriyah, J., & Silfiyah, E. (2024). Improving Creative Thinking Skill on Biotechnology Material Through The Effectiveness of Project Based Learning-STEM E-Module Provided with Formative Assessment.

Hasriadi. (2022). Metode pembelajaran inovatif di era digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151.

Huda, N. M. A. (2016). Analisis Pelaksanaan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Ilmu Falak Di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Jekulo Kudus (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).

Meishanti, O. P. Y., & Chasanah, B. W. (2022). Pengembangan E-Modul Screencast Berbasis Stem Pada Materi Reproduksi Di Pondok Pesantren As-Saidyah 1. Eduscope: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 7(2), 97-105.

Monalia, A., & Khoiri, K. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kalam pada Peserta Didik Kelas VII SMP Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 2(4), 221-227.

Nabila, M. F., & Rahmanto, M. A. (2024). Strategi Pembelajaran Anak Tunarungu dalam Menghafal Al-Qur’an di Pesantren Tahfidz Difabel Baznas (BAZIS) Jakarta Selatan. ISLAMIKA, 6(2), 597-610.

Pambudi, E. S., Marsuki, M. F., Fardhani, I., Fitriyah, I. J., & Silfiyah, E. (2024, May). Improving Creative Thinking Skill on Biotechnology Material Through The Effectiveness of Project Based Learning-STEM E-Module Provided with Formative Assessment. In International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2023) (pp. 339-350). Atlantis Press.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.

Sunaryo, Y. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota tasikmalaya. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(2), 209679.

Published
2024-12-23
How to Cite
Jannah, M., & El-Yunusi, M. (2024). Implementasi E-Modul Project Based Learning pada Pembelajaran PAI dalam meningkatkan Keaktifan Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 76-85. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.800
Section
Articles