Minat Santri Terhadap Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat santri dalam mempelajari kitab safinatun najah dan memahami apa yang terkandung di dalam kitab safinatun najah dan mau mempraktekkan di kehidupan sehari hari yang diadakan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Subjek dalam penelitian ini adalah santri yang merupakan siswa kelas 9 putra dari MTs Sunan Pandanaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode survei yang mengumpulkan data dari responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan data di penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu studi kepustakaan, dan penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata santri kelas 9 putra masih ragu apakah mereka memahami materi materi yang terkandung di dalam kitab safinatun najah dan menemukan bahwa rata-rata santri kelas 9 putra berminat untuk mempelajari kitab safinatun najah dengan cara sering berangkat ngaji kitab yang dilakukan setiap malam Rabu. Hal ini dapat disimpulkan bahwa santri kelas sembilan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran masih ragu apakah mereka memahami isi yang terkandung di dalam kitab safinatun najah dan santri kelas 9 puta berminat untuk mempelajari kitab safinatun najah.
References
Adib, Abdul. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren, Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01 Januari-Juni 2021
Akhmad, F. (2022). Implementasi Kitab Safinatun Najah Dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Santri Madrasah Diniyah Tarbiyatul Athfal Kelurahan Betokan Demak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Dalimunthe, R. A., & Nasution, S. (2020). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren.
Fitri, Solichah. (2022). Problemati Santri Dalam Penggunaan Arab Pegon Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Pondok Pesantren Fathul Huda Kebondalem Purwokerto. PhD Thesis. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Ghozali, Akhmad. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Sorogan (Individual) Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Safinah Al-Najah Santri Pemula Di Pesantren Daarul Fathonah Tegalgubug Lor Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. PhD Thesis. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Gresik, I. U. D., & Khoiriyah, Z. Pengaruh Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik Di SMK.
Gunawan, Imam. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.
Muiz, M. F. (2023). Implikasi Pengajian kitab Dalil Al-Mahid Dalam Meningkatkan Pemahaman Haid dan Istihadah Santri Putra Pondok pesantren Darul Huda Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Munawwar Manshur, Fadlil. (1998). “Budaya Pesantren dan Tradisi Pengajian Kitab,” Humaniora 8 (Juni-Agustus).
Olfitri, L. M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelestarian Indang di Korong Kuliek, Nagari Sungai Buluh Timur. Comm-Edu (Community Education Journal), 5(2), 87-91.
Purwodarminto WJS, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2020, 22. Ria, W. R., & Zulfikar, M. (2017). Ilmu Hukum Islam.
Sadirman A. M. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali pers.
Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97.
Sudaryono, Gaguk Margono dan Wardani Rahayu. (2003). Pengembangan Instrumen Penelitian.
Yogyakarta: Graha Ilmu, cet.1
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Syahril, A. M. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alaudin Makasar.
Wahyuni, S., & Ibrahim, R. (2017). Pemaknaan Jawa Pegon dalam memahami kitab kuning di pesantren. Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 17(1), 4-21
Copyright (c) 2025 Muhammad Rafif Tsaqib Pradiksa, Muhammad Danadyaksa Amanullah, Fitrotun Arifah, Yusup Akhsani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.