Hubungan Kemampuan Membaca Al-Quran Dengan Minat Belajar Bahasa Arab Di Mts Sunan Pandanaran
Abstract
Artikel ini berjudul “ Hubungan Kemampuan Membaca Al-Quran Dengan Minat Belajar Bahasa Arab “ penelitian ini berisi tentang Kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap Muslim, karena Al-Qur'an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup. Pembelajaran membaca Al-Qur'an tidak hanya melibatkan kemampuan teknis dalam mengucapkan huruf-huruf Arab dengan benar, tetapi juga memahami makna dan tafsir yang terkandung di dalamnya. Proses ini dimulai dengan pengenalan huruf Hijaiyah, penguasaan kaidah tajwid, serta melatih kelancaran membaca (muraja'ah). Selain itu, kemampuan membaca Al-Qur'an juga terkait erat dengan pembentukan karakter spiritual, di mana seseorang tidak hanya membaca teks, tetapi juga berusaha memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran yang ada dalam Al-Qur'an. Oleh karena itu, pembelajaran membaca Al-Qur'an sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai metode yang mendukung pemahaman yang lebih mendalam. Tujuan utama dari kemampuan membaca Al-Qur'an adalah agar umat Islam dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan melalui bacaan yang penuh makna dan dapat memanfaatkan wahyu Ilahi untuk kehidupan sehari-hari.bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca al quran dan minat belajar bahasa arab di MTs Sunan Pandanaran.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Sunan Pandanaran khusus kelas tahfidz..jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa atau lisan orang, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan metode alamiah.teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik angket.penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca al quran dikategorikan sangat baik dan minat belajar mata pelajaran bahasa arab di MTs Sunan Pandanaran dikategorikan kurang baik.dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca alquran sudah sangat diatas rata rata dan masih butuh pendampingan.soal minat belajar mata pelajaran bahasa arab masih harus dipantau karena siswa MTs Sunan Pandanaran minat belajarnya masih dibawah rata rata.
References
Al-Qattan, M. K. (2007). Studi Ilmu-ilmu Qur’an. Bogor : Litera Antar Nusa. Al-Amir, Najib Kholid. 2002. Mendidik Cara Nabi SAW. Bandung : Pustaka Hidayah.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asy-Syuyuthi, Jalaluddin Abdurrahman bin Abi Bakar .1991. AlJami’ush Shagir, Al-Ma’arif, Bandung.
Atikah, N. (2012). “Studi Korelasi antara Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa SMA N 1 PEGANDON Kab. Kendal Tahun Ajaran 2013/2014.” Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang.
D.Crow, Lestar, Crow, Alice. (1989). Psychology Pendidikan, terj. Abd. Rahman Abror. Yogyakarta : Nur Cahaya.
Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gie, T. L. (1998). Cara Belajar yang Efisien, Jilid I. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.
Hadi, S. (1991). Metodologi Research, Jilid II. Yogyakarta : Andi Offset.
Hadjar, I. (1996). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Hidayat, R. S. (1990). Pengetesan Kemampuan Membaca Secara Komunikatif, Cet. I, Intermasa, Jakarta.
Ichwan, M. N. (2005). Belajar Al-Qur’an Menyingkap Khazanah Ilmu-Ilmu al-Qur’an Melalui Pendekatan Historis Metodologis. Semarang : RaSAIL.
Muna, W. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Teras.
Mustinganah. (2012). Korelasi antara Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an dan Motivasi Tadarus al-Qur’an Siswa Kelas VII SMP N 31 Semarang. Semarang : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang.
Mutmainnah, A. (2014). Studi Korelasi Minat Membaca dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas VII MTs Negeri Kendal Tahun ajaran 2013/2014. Semarang : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang.
Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : DIVA Press.
Rusyana, Y. (1998). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung : Diponegoro.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2000). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Grafindo Persada. Sudjana, Nana. 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suryabrata, S. (1990). Psikologi Pendidikan.Jakarta : Rajawali. Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos wacana Ilmu
Tarigan, H. G. (1987). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung Aksara.
Yunus, M. (1983). Metode Khusus Bahasa Arab Bahasa Al-Qur’an. Jakarta : Hidakarya Agung
Copyright (c) 2025 Adib Muqorrobin Muqorrobin, Muhammad Nur Rasyid Arbaidzaki, Fitrotun Arifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.