Perbandingan Efektivitas dalam Menghafal Al-Quran Menggunakan Metode Wahdah dengan Metode Muroja’ah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang lebih efektif antara metode wahdah dan metode murojaah dan memahami apa metode yang lebih efektif dan mau mempraktekkan di saat menghafal Al-Qur’an. Subjek dalam penelitian ini adalah santri yang merupakan siswa kelas 9 tahfidz putra dari MTs Sunan Pandanaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode survei yang mengumpulkan data dari responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan data di penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata santri kelas 9 tahfidz putra menggunakan metode wahdah dalam menghafal Al-Qur’an daripada metode murojaah. Dibuktikan dengan 72.7% menjawab ya dalam pernyataan “saya dominan menggunakan metode wahdah”. Metode tersebut dirasa efektif dikarenakan 72.7% dari keseluruhan kelas tahfidz sudah mempunyai hafalan lebih dari 3 juz. Hal ini dapat disimpulkan bahwa santri kelas 9 tahfidz Pondok Pesantren Sunan Pandanaran rata-rata menggunakan metode wahdah dalam menghafal daripada metode murojaah.
References
Adkha, A. Q. (2019). Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfiz Alquran di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 1
Ahsin W, Al hafidz, 1994. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara Alhafidz, Ahsin. 2005. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Alpiyanto, Menjadi Juara dan Berkarakter, (Bekasi : PT Tujuh Samudra, 2013), hal. 184
Faizatul Mukholisoh. 2019. “Pelaksanaan Metode Muraja’ah Tahfidz Al-Qur’an di Mahad Al-Ulya MAN Kota Batu”, Jurnal Ilmiah, Volume 4, Nomor 3.
Fauziyah, S. S. (2018). Efektivitas Metode Muraja’ah Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Komplek Hindun Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.
Henryadi, Tricahyadinata, I., Zannati, R.(2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).
Ilyas, M. (2020). Metode Muroja'ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur'an. Pendidikan Islam, 5(1), 3-4.
Mardiasmo ( 2017) Perpajakan, edisi Revisi, Andi, Yogyakarta
McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research Using Qualitative, Quantitative or Mixed Methods and Choice Based on the Research. Perfusion, 30, 537-542.
Mudzakir. 2014 Studi Ilmu-ilmu Qur’an. Jakarta:PT pustaka litera antarnusa.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurnaningsih, M.(2021). Kontribusi Metode Muroja'ah Tahfidzul Qur'an dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.Al I'tibar, 8(2), 62-63
Nurnaningsih. (2021). Metode wahdah dan metode murojaah sangat efektif untuk menghafal
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: ALFABETA.
Yahya, H. (2013).Beberapa Rahasia dalam al-Qur’an.Surabaya: Risalah Gusti.
Yuldiasih, Y. (2023). PENERAPAN METODE WAHDAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-BAROKAH MERAPI (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Yuliastutik, W. S. (2022). Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran (Studi Kasus Di MTs At-Taufiq Sambong Dukuh Jombang).An-Nafa Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 2(2).
Copyright (c) 2025 Ahmad Fabian Tata Al Farizqi, Afrizal Hafizul Furqon, Fitrotun Arifah, Yusup Akhsani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.