Penerapan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X-6 SMA Negeri 1 Padarincang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran sosiologi di kelas X-6 SMA Negeri 1 Padarincang. PBL merupakan metode pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat proses pembelajaran, dengan fokus pada pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi kelas, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, serta memperkuat kerja sama dalam kelompok. Namun, tantangan dalam implementasi PBL tetap ada, seperti kesulitan mengelola waktu pembelajaran, partisipasi siswa yang tidak merata, dan keterbatasan sumber daya yang tersedia. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk lebih mengoptimalkan strategi penerapan PBL guna meningkatkan efektivitas pembelajaran sosiologi.
References
Kuntari, S., Setiawan, R., & Lindawati, Y. I. (2021). Pengaruh Online Learning Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Kuliah Teori Sosiologi Modern. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 212–220. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5467
Mackiewicz, J. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Nur, D., Rezki HS, N. F., Nurindah, & Nursia. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 71–79. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i2.327
Yulianti, A., & Mulyani, S. T. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Pamarayan. 6.
Hajar, N. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi Sma Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016.
Agustiningrum, E. (2019). The use of Problem Based Learning in Improving Students’ Learning
Achievement. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 10(1).
Copyright (c) 2025 Siti Nurwulan Sari, Septi Kuntari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.