Studi Perilaku Pengendara Remaja Generasi Z Terhadap Keselamatan Berlalu Lintas di Kabupaten Enrekang.

  • Hakzah Hakzah Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muh. Akbar Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Bustan Didi Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Pengendara Remaja, Keselamatan Berlalu Lintas, SPSS

Abstract

Tingginya minat remaja generasi Z dalam menggunakan transportasi roda dua tidak berimbang kesadaran akan keselamatan berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik remaja pengendara roda dua, tingkat pemahaman, pengaruh pelanggaran, kesalahan, dan penyimpangan terhadap keselamatan berlalu lintas. Survei dilakukan dengan membagikan kusioner kepada 200 orang responden, data yang diperoleh di analisis menggunakan program SPSS dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian responden sebanyak 200 remaja, karakteristik usia 15-20 tahun 56%, jenis kelamin laki-laki 59%, memiliki SIM C 69%, pegalaman berkendara 2-5 tahun 53%, durasi berkendara 1 jam 57%, riwayat kecelakaan 53%, jenis kecelakaan sedang persentase 37%, tidak pernah terkena tilang 54%. Pengetahuan kategori baik 61%. Hasil uji t secara parsial bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan signifikan masing-masing variabel independen  (0.000 < 0.05). Hasil uji f secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan tehadap variabel dependen nilai Fhitung 18,296 > Ftabel 2,651, nilai signifikan (0.000 < 0.05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daesusi, R., & Asy’ari. (2019). Implementation of ecoleteracy learning design at Adiwiyata School as an effort formation society in alam insan mulia school of surabaya. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 454–459. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7366

Felix, C., & Putranto, L. S. (2018). Hubungan Pendidikan di Sekolah Terhadap Perilaku Pengemudi Kendaraan Bermotor Saat Berlalu Lintas. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 1(1), 290. https://doi.org/10.24912/jmts.v1i1.2269

Ghozali, I. (2016). Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya.

Haryanto, H. C. (2011). Kepatuhan Terhadap Peraturan Lalu Lintas Para Pengendara di Perkotaan (Inquiry: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (1), 2011). Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(November 2011), 132.

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jumadil, Hakzah, & Mustakim. (2022). Analisis Keselamatan Lalu Lintas Berdasarkan Pemahaman Berkendara Terhadap Simbol Rambu Lalu Lintas (Studi Kasus: Data’e, Lainungan, Kabupaten Sidenreng Rappang). JURNAL KARAJATA ENGINEERING, 2(2). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/karajata

Juniarly, A., & Effendi, E. A. (2022). Kaitan Moral Disengagement dan Aggressive Driving Behavior : Tinjauan Pada Remaja Pengendara Sepeda motor. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 13(2), 137–150. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v13i2.17375

Malhotra, R. K., & Indrayan, A. (2010). A simple nomogram for sample size for estimating sensitivity and specificity of medical tests. Indian Journal of Ophthalmology, 58(6), 519–522. https://doi.org/10.4103/0301-4738.71699

Mulyadi, M. (2013). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106

Nadira, N. (2020). Kontrol Diri dan Mencari Sensasi terhadap Perilaku Mengemudi Agresif pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(3), 490. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5367

Nalle, F. W. (2019). Metode Penelitian Komunikasi (kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). In Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3, p. 35). https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45

Sabir Gazali, Hakzah, & Imam Fadly. (2022). Perilaku Pengendara Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Barru. Jurnal Karajata Engineering, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.31850/karajata.v2i1.1593

Sarif, S., Aziz, A., Aminuddin, T., & Pakan, G. L. (2019). Analisis Perilaku Pengendara Sepeda Motor pada Penerapan Sistem tilang Elektronik di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 2019(Guntur 2015), 136–140.

Sasambe, Ramly, O. (2016). Kajian Terhadap Penyelesaian pelanggaran peraturan lalu lintas oleh kepolisian. Lex Crimen, V(1), 139–141.

Stiadi, D., & Rifani, A. (2018). Aplikasi komputer Statistik Dengan SPSS Untuk Penelitian Ekonomi Dan Bismis. www.rajagrafindo.co.id

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional).

Utari, G. C. (2010). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Persepsi dan Keterampilan Mengendara Mahasiswa Terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding) Di Universitas Gunadarma Bekasi tahun 2009. Skripsi Universitas Islam Negeri Syafif Hidayatullah Jakarta: jakarta.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun (2009) Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Glosains:Jurnal Sains Global Indonesia, 2(1), 13-21.

Published
2024-10-25
How to Cite
Hakzah, H., Akbar, M., & Didi, A. (2024). Studi Perilaku Pengendara Remaja Generasi Z Terhadap Keselamatan Berlalu Lintas di Kabupaten Enrekang. Sultra Civil Engineering Journal, 5(2), 341-352. https://doi.org/10.54297/sciej.v5i2.658