Analisis Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Slamet Riyadi Kartasura
Abstract
Jalan Slamet Riyadi Kartasura adalah jalan dengan status jalan kolektor menggunakan sistem arus dua arah dua lajur yang menghubungkan masyarakat surakarta dan sekitarnya jika ingin menuju ke kartasura, klaten yogyakarta dan sekitanya. Volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas selain untuk perencanaan, juga di gunakan untuk evaluasi jalan, apakah di katakan macet atau tidak. Suatu jalan di katakan macet apabila arus lalu lintas yang melewati ruas jalan yang di tinjau melebihi kapasitas rencana jalan tersebut yang mengakibatkan kecepatan bebas ruas jalan tersebut mendekati 0 km/jam atau bahkan menjadi 0 km/jam sehingga mengakibatkan terjadinya antrian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer & sekunder dari hasil penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga metode, yaitu metode Greenshield, Greenberg dan Underwood . analisis hubungan lalu lintas di ruas Jalan Slamet Riyadi Kartasura berdasarkan ketiga model diperoleh hubungan yang paling erat antara kecepatan dan kepadatan menggunakan model Greenberg dengan model ???????? = 18.941ln ( 732.072 / D ). Volume tertinggi diperoleh dengan menggunakan model Greenberg yaitu sebesar 5101.19 smp/jam. Dengan nilai r2 = 0.874 memiliki arti bahwa kesesuaian model sebesar 87.4 % dengan tingkat kepercayaan atau meyakinkan dalam menggambarkan hubungan antara kecepatan dan kepadatan. Hubungan antara volume dan kecepatan merupakan fungsi logaritmik. Hubungan antara volume dan kepadatan juga merupakan fungsi logaritmik.
Downloads
References
Akbardin, J. (2013). Kajian Hubungan Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalu Lintas Model Underwood (Studi Kasus Jalan Lingkar Luar Kota Demak). Jurnal Rekayasa Sipil, 16–27.
Ansyori Alamsyah, A. (2005). Rekayasa Laku Lintas (S. Amien, Ed.; Vol. 1). Umm.
Bagus Wirahaji, H., Laintarawan, I. P., & Artana, I. W. (2022). Model Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Jalan Perkotaan. 44–51.
Direktorat Jendral Bina Marga, D. P. U. R. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia .
Fitrian Radam, I., & Muhammad Arsyad, Dan. (2013). Analisis Karakteristik Lalu Lintas Berdasarkan Tata Guna Lahan (Studi Kasus Ruas Jalan Temanggung Tilung Palangkaraya) Kata Kunci: Tata Guna Lahan, Karakteristik Lalu Lintas, Model Greenshields, Model Greenberg, Model Underwood. Dalam Jurnal Teknologi Berkelanjutan (Sustainable Technology Journal) Available On (Vol. 2, Nomor 2). Http://Jtb.Ulm.Ac.Id
Irfan Syah, A., Sumina, & Susila, H. (2023). Relationship Analysis Of Volume, Speed And Traffic Density On Solo-Purwodadi Road. Dalam Journal Of Civil Engineering And Infrastructure Technology (Vol. 1, Nomor 1).
Juanda, A., Isya, M., & Fadhly, N. (2019). Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Dengan Model Greenshields, Greenberg, Dan Underwood Pada Ruas Jalan Luar Kota Kawasan Gunung Geurutee. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan, 2(4), 287–293. Https://Doi.Org/10.24815/Jarsp.V2i4.14945
Nugroho Julianto, E. (2010). Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan , 1–10.
Nurinda Abdi, G., Priyanto, S., & Malkamah, S. (2019). Hubungan Volume Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sleman. Teknisia, 1–10.
Sanjaya Yudi, Lubis Kamaluddin, & Lubis Marwan. (2017). Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Terhadap Kinerja Ruas Jalan. Journal Of Civil Engineering, Building And Transportation, 54–61.
Saputra, B., & Savitri, D. (2021). Analisis Hubungan Antara Volume Analysis Of The Relationship Between Volume, Speed And Density Of Traffic Based On The Greenshield, Greenberg And Underwood Models. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 5(1).
Tamin, O. Z. (2019). Hubungan Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalulintas Di Ruas Jalan H.R. Rasuna Said (Jakarta). Jurnal Teknik Sipil, 1–10.
Copyright (c) 2024 Hana Shofiana, Sumina Sumina, Suryo Handoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.