Analisis Pengaruh Peningkatan Jalan Lingkar Kota kendari Terhadap Nilai Jual Lahan (Study pada ruas jalan bts kota Kendari dan Kab Konawe Selatan)
Abstract
ABSTRAK
Pembangunan/Peningkatan prasarana infrastruktur akan memberi dampak pada berbagai hal yang terkait dengan infrastruktur tersebut. Pemerintah Kota Kendari saat ini sedang membangun Jalan Lingkar Kota Kendari yang dilaksanakan secara bertahap (multy year). Dimana pembangunan itu berupa peningkatan jalan yang sudah ada (jalan kolektor) atau pun membangun pada lahan baru. Adanya pembangunan jalan lingkar tersebut secara langsung akan berdampak pada kenaikan harga lahan pada lokasi yang dilakukan pembangunan/peningkatan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga lahan dari sebelum dilakukan pembangunan dan harga lahan pada saat ini. Penelitian ini adalah penelitian Non-eksperimental yang sifatnya deskriptif, yaitu memberikan gambaran terhadap kondisi objek penelitian sebagaimana adanya. Jenis studi dilakukan dengan wawancara dan survey melalui kuesioner kepada responden, kemudian dilakukan analisis untuk menghasilkan suatu kesimpulan berdasarkan data yang ada. Terjadi perubahan harga lahan yang signifikan dari sebelum dibangun jalan lingkar dan harga saat ini. Terjadi kenaikan harga lahan dari tahu 2008 sampai dengan 2015 sebesar 220% dan tahun 2008 – 2023 kenaikan sebesar 210%. Factor Variabel jarak, luas dan lebar jalan berpengaruh signifikan terhadap kenaikan harga lahan. Model Persamaaan perhitungan nilai jual lahan adalah Y = -270683,63 – 2834,15X1 + 3198,80 X2 + 130532,85X3
Kata kunci : harga lahan; Pengaruh; Peningkatan
Downloads
References
Badan Pusat Statistik, Kota Kendari Dalam Angka Tahun 2022. Kota Kendari.
Chapin, Stuart F & Edward Kaiser. 1979. Urban Land Use Planning. Fourth Edition, Illinois: University of Illinois Press
Sugiyono,2011 Statistika untuk penelitian, Bandung; Alfabeta
Yunus, Hadi Sabari. (2006). Megapolitan konsep, problematika dan prospek, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ansar, Z., Yudono, A., & Sastrawati, I. (2014). Pengaruh Pembangunan Jalan terhadap Perubahan Penggunaan Lahan. Jurnal Wilayah & Kota Maritim (Journal of Regional and Maritime City Studies), 2(1).
Harum, M., & Sutriani, S. (2017). Pengaruh pembangunan jalan tol Sutami terhadap nilai lahan disekitarnya. Nature: National Academic Journal of Architecture, 4(1), 66-73.
Khoiriyah, K., Hasyim, A. W., & Kurniawan, E. B. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Lahan Permukiman di Kecamatan Kepanjen. Jurnal Tata Kota dan Daerah, 9(1), 17-28.
Masykuroh, D. K., & Rudiarto, I. (2016). Kajian Perubahan Penggunaan Lahan dan Harga Lahan di Wilayah Sekitar Pintu Tol Ungaran. Tataloka, 18(1), 53-66.
Ngii, E., & Putra, A. A. Pengaruh Pembangunan Terminal Baruga Kota Kendari Terhadap Nilai Tata Guna Lahan Dikawasan Sekitarya.
Prasetya, N. A., & Sunaryo, P. B. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi harga lahan di kawasan Banjarsari Kelurahan Tembalang, Semarang. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 2(2), 223-232.
Putri, M. B., & Buchori, I. (2015). Pengaruh Pembangunan Jalan Lingkar Selatan Salatiga Terhadap Perubahan Karakteristik Sosial Ekonomi Penduduk di Sekitarnya. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 11(2), 222-241.
Rachman, A. P., Rompis, S. Y., & Timboeleng, J. A. (2020). Analisis Pengaruh Tata Guna Lahan Terhadap Kinerja Jalan Di Kota Gorontaloa. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 10(1).
Rumetna, M. S., Sediyono, E., & Hartomo, K. D. (2017). Analisis Perubahan Tata Guna Lahan di Kabupaten Bantul Menggunakan Metode Global Moran’s I. Jurnal Buana Informatika, 8(4).
Rusdi, M. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi harga dan penggunaan lahan di sekitar jalan Lingkar Salatiga. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 9(3), 317-329.
Sutarji, G. B., Putra, I. N. D. P., & Nauli, A. R. (2021). Analisis Pengaruh Pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Terhadap Nilai Tanah Disekitarnya. Jurnal Ilmiah MITSU (Media Informasi Teknik Sipil Universitas Wiraraja), 9(2), 89-98.
Copyright (c) 2024 Hujiyanto Hujiyanto, Irwan Lakawa, Sufrianto Sufrianto, Muhammad Muhsar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.