Manajemen Strategi dalam Pendidikan Pesantren dari Grand Desain serta Control dan Eksekusi

  • Ade Sofa Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Kasful Anwar US UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Shalahudin Shalahudin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Pesantren, Manajemen Strategi,, Grand Desain,, Kontrol dan Eksekusi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi dalam pendidikan
pesantren dengan fokus pada Grand Desain serta aspek kontrol dan eksekusi. Grand
Desain dalam konteks manajemen pesantren mencakup rencana jangka panjang yang
melibatkan visi, misi, tujuan, serta perencanaan strategis untuk memastikan
keberlanjutan dan relevansi pesantren di tengah dinamika zaman. Proses kontrol dan
eksekusi strategi bertujuan untuk memastikan bahwa kebijakan dan rencana yang telah
dibuat dapat diterapkan secara efektif dan menghasilkan perubahan yang positif dalam
kualitas pendidikan pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
library research, dengan pendekatan kualitatif-deskriptif untuk menggali informasi
terkait penerapan manajemen strategi di pesantren. Penelitian ini mengumpulkan data
dari berbagai sumber literatur yang relevan untuk memberikan gambaran yang
komprehensif mengenai implementasi strategi dalam pendidikan pesantren. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi yang baik, yang mencakup Grand
Desain serta kontrol dan eksekusi yang tepat, dapat meningkatkan efektivitas dan
keberlanjutan pesantren dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model manajemen
strategi yang aplikatif bagi pesantren, yang mengintegrasikan nilai-nilai tradisional
dengan tuntutan zaman.

References

Ahmad, R., & Pratama, A. (2021). Faktor manajemen profesional: perencanaan,

pengorganisasian, dan pengendalian (suatu kajian studi literatur manajemen sumberdaya

manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 699–709.

Asifudin, A. J. (2016). Manajemen pendidikan untuk pondok pesantren. Manageria: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355–366.

SEDUJ/5.1; 75-84; 2025

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III.

Prenada Media.

Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa

depan Indonesia. In (No Title). LP3S.

Fauziah, N. (2021). Problematika Pendidikan Pesantren di Indonesia. AL-FURQAN, 9(2), 1–10.

Harmathilda, H., Yuli, Y., Hakim, A. R., & Supriyadi, C. (2024). Transformasi Pendidikan

Pesantren Di Era Modern: Antara Tradisi Dan Inovasi. Karimiyah, 4(1), 33–50.

Kamal, F. (2018). Transformasi Pendidikan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Abad

Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 17–30.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2008). The execution premium: Linking strategy to operations for

competitive advantage. Harvard business press.

Manullang, B. (2013). Grand desain pendidikan karakter generasi emas 2045. Jurnal Pendidikan

Karakter, 4(1).

Mufid, M., & Tamam, A. M. (2024). Implementasi Sistem Evaluasi Manajemen Mutu Pendidikan

Islam Melalui Swot Balanced Scorecard (BSC) di Ponpes Al Minhaj Bogor. Islamic

Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01).

Prasetyo, M. A. M., & Salabi, A. S. (2021). Model evaluasi dan instrumen program pendidikan

pelatihan di lembaga pendidikan Islam. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(1),

–117.

Sarwo Edy, M. M. (n.d.). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Inovasi dan Solusi Masa Depan Dunia

Pendidikan Islam. Penerbit Adab.

Sudrajat, A. (2018). Pesantren sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Vicratina:

Jurnal Ilmiah Keagamaan, 2(2), 64–88.

Untung, M. S. (2011). Rekonstruksi Manajemen Pendidikan Pesantren. Edukasia Islamika, 9(2),

Wagner Mainardes, E., Ferreira, J. J., & Raposo, M. L. (2014). Strategy and strategic management

concepts: are they recognised by management students?

Wahyuni, S., Darmayunata, Y., Zudeta, E., Sajid, M. D. F., & Syahdan, S. (2023). Merdeka

Curriculum Innovation: Grand Design for Digital Literacy Learning in Special School.

Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 95–102.

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy toward global

sustainability 13th ed. Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall.

Published
2025-04-10
How to Cite
Sofa, A., Anwar US, K., & Shalahudin, S. (2025). Manajemen Strategi dalam Pendidikan Pesantren dari Grand Desain serta Control dan Eksekusi. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 75 -84. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.845
Section
Articles