Manajemen Konflik, Manajemen Stress, Manajemen Waktu dalam Menajemen Pendidikan
Abstract
Manajemen konflik, stres, dan waktu merupakan elemen kunci dalam disiplin manajemen pendidikan yang memengaruhi efektivitas operasional lembaga pendidikan, kesejahteraan individu, dan kualitas pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi manajemen konflik, stres, dan waktu dalam konteks pendidikan guna menciptakan lingkungan yang harmonis, produktif, dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Artikel menggunakan metode libery research, dengan memanfaatkan literatur sertaa dokumen terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen konflik yang efektif dapat mencegah eskalasi permasalahan, manajemen stres yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan individu, dan pengelolaan waktu yang efisien berkontribusi pada keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian, manajemen konflik, stres, dan waktu tidak hanya menjadi kebutuhan teknis, tetapi juga bagian integral dari upaya menciptakan ekosistem pendidikan yang sehat dan berkelanjutan.
References
Adiyono, A. (2020). MANAJEMEN STRES. Cross-Border, 3(1), 255–265.
Alawiyah, S. (2020). Manajemen stres dan motivasi belajar siswa pada era disrupsi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 211–221.
Aziwantoro, J. (2021). Analisis Implementasi Manajemen Konflik, Manajemen Stres dan Manajemen Waktu Dalam Pendidikan Di Indonesia. BENING, 8(2), 232–244.
Hutagalung, I. (2014). Pengaruh kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal, komitmen organisasi terhadap manajemen stres kerja. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 103–111.
Maulana, M. H., Mugni, K., Ariadi, I. Z., & Alfian, M. S. (2023). MANAJEMEN WAKTU MENURUT PERSPEKTIF AGAMA ISLAM: IMPLIKASI UNTUK PRODUKTIVITAS PRIBADI DAN ORGANISASI DI ERA DIGITAL. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(4), 925–934.
Megasari, E. (2020). Analisis Manajemen Waktu Aparatur Sipil Negara Di Beberapa Instansi Pemerintah Provinsi Riau. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 4(1), 49–55.
Mujahidin, E., Rachmat, R., Tamam, A. M., & Alim, A. (2022). Konsep Manajemen Waktu dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 129–146.
Pramono, G. P. (2024). Pengelolaan Stres Kerja: Integrasi Alam Bawah Sadar dan Teknik Hypno Self dalam Lingkungan Kerja yang Sehat. Galih Panjalu Pramono.
Rahmawati, T. (2021). Peningkatan pengetahuan dan manajemen stress di masa pandemi Covid-19 bagi masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 125–134.
Ramadhan, H. (2022). Gambaran Tingkat Stress Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi. Journal Education of Batanghari, 4(10), 1–8.
Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61–71.
Subroto, W. T. (2022). The effect of time management on economics learning outcomes for class x sma labschool unesa during online learning. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 18(1), 81–92.
Tumanggor, A., Tambunan, J. R., SE, M. M., & SIMATUPANG, P. (2021). Manajemen Pendidikan. Penerbit K-Media.
Wahidaty, H. (2021). Manajemen waktu: Dari teori menuju kesadaran diri peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1880–1889.
Zainudin, A. (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Copyright (c) 2025 Agung Setiabudi, Kasful Anwar US, Shalahudin Shalahudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.