Manajemen Supervisi dalam Pendidikan Perspektif Kontemporer
Abstract
Lembaga pendidikan diharukan melakukan proses manajemen, harus terlibat dalam kegiatan seperti perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.Pengawasan lebih bersifat memeriksa pelaksanaan kegiatan teknis pendidikan di sekolah dibandingkan terhadap obyek fisik itu sendiri. Fungsi supervisi diantaranya adalah memantau proses akademik pembelajaran, memantau peran guru dalam mengajar, memantau kemajuan siswa di kelas, dan memantau keadaan yang mengarah atau mempengaruhinya. Artikel ini menggunakan kerangka metode liberyresearch, data dan informasi diperoleh melalui kajian literatur dari berbagai sumber, seperti jurnal ilmiah, buku akademik, laporan penelitian, dan dokumen terkait lainnya. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif untuk menginterpretasikan temuan dan menyusun sintesis konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen supervisi dalam pendidikan saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pengawasan, tetapi juga sebagai pendekatan kolaboratif yang berfokus pada pengembangan profesionalisme, inovasi, dan pemberdayaan tenaga pendidik. Supervisi kontemporer mengintegrasikan teknologi, analisis data, dan pendekatan partisipatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen pendidikan.
References
AWALUDDIN SITORUS, M. P., & Kholipah, S. (2018). Supervisi Pendidikan: Teori dan Pengaplikasian. SwalovaPublishing.
Fatmariyanti, Y., Qurtubi, Q., & Bachtiar, M. (2024). Peran pengawas sekolah selaku pelaku supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu manajemen pendidikan. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 47–58.
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta, 4(2), 106–113.
Muchlis, M. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JournalOfAdministrationandEducationalManagement (ALIGNMENT), 5(1), 49–58.
Muhammad, H. M. (2022). Manajemen Supervisi Pendidikan. Jurnal Sustainable, 5(2), 447–456.
Mujahidin, E., Rachmat, R., Tamam, A. M., & Alim, A. (2022). Konsep Manajemen Waktu dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 129–146.
Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., & Nisa, K. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5.0. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 118–128.
Purwanto, N. (2007). Administrasi pendidikan dan supervisi pendidikan. Bandung: PT Remaja RosdaKaryta.
Sari, M. N., Kurniawan, A., Fayola, A. D., Nawawi, I., Aprianti, K., Abdurohim, A., & Lotulung, C. V. (2022). Manajemen Pendidikan. PT Global Eksekutif Teknologi.
Sholihah, A. B., Sariroh, S., Rohmah, L. A., Husnah, J., & Rohimah, N. (2021). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Suparliadi, S. (2021). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JournalOfAdministrationandEducationalManagement (ALIGNMENT), 4(2), 187–192.
Usman, N., Pd, M., & AR, M. (2021). Pengantar Manajemen Pendidikan.
Wahib, A. (2021). Manajemen evaluasi program supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 91–104.
Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional).
Wesnedi, C., Hasibuan, L., & US, K. A. (2021). Supervisi Pendidikan dalam Lingkup Pendidikan Islam Era Kontemporer. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 243–262.
Copyright (c) 2025 Septriani Septriani, Kasful Anwar US, Shalahudin Shalahudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.