Implementasi Karakter Disiplin melalui Muatan Pembelajaran PPKN di SD N Glagah
Abstract
Implementasi karakter disiplin melalui konten pembelajaran PKn di SD N Glagah. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin siswa di SD N Glagah belum terlaksana secara optimal. Pentingnya pendidikan karakter khususnya karakter disiplin dapat diimplementasikan melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan penerapan strategi berupa metode multiple intelligence dan penggunaan media pembelajaran seleksi, dengan strategi yang digunakan akan membentuk karakter siswa berupa moral knowing, moral feeling & loving, punishment, moral acting, habituation, advising, dan moral modeling. Berdasarkan kajian pustaka, dengan harapan akan terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kualitas siswa yang berkarakter disiplin yang bermanfaat bagi seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
References
Amelia, F. S. (2020). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas VIII di Mts Miftahul Ulum Sitiaji . Edunesia, 82-88.
Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius. 35-43.
Omar, N. (2013). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manager Pendidikan, 464-468.
Parawansa, E. D. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD) . Jurnal Pendidikan Tambusai, (Vol. 5 No. 3), 8050-8054.
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan PPKn. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rosma, E. (2016). Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh . Jurnal Pesona Dasar, 43-53.
Rusmana, A. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah. Edification Journal 1 (1), 127-137. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.89.
Santoso. (2013). Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2024 Lia Salihah, Ananda Novia Khairana, Ida Megawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.