Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar

  • Sinta Mardikawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rita Maharani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ida Megawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Budaya Sekolah, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan mengenai peran budaya sekolah dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan sekolah dasar. Adapun topik yang dibahas dalam artikel ini adalah mengenai karakter peduli lingkungan siswa yang masih kurang sehingga memerlukan peran budaya sekolah dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa. Hasil dari artikel ini berupa peran budaya sekolah dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan dapat dilakukan dengan melakukan pembiasaan yang positif pada siswa misalnya dengan memberikan program kegiatan seperti bersih lingkungan, sekolah memberikan sarana tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan, agar siswa rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, pembiasaan hemat energi, melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.

References

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5549.

Anggraini, M. S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD N Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 154.

Ketamansiswaan, T. D. (2016). Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Labudasari, E., & Rochmah, E. (n.d.). Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 301.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim, A., Azizah, N. D., Supriatna, & Nurwulan, E. D. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 100.

Nofriza Efendi, R. S. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1-10.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik, 15-17.

Sukadari, S. S. (2015). Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 58-68.

Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding SENASGABUD, 35.

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Gava Media, 99.

Zulfiati, H. M. (2014). Peran dan Fungsi Guru Sekolah Dasar dalam Memajukan Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan ke-SD-an, Vol 1 No 1. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Published
2024-04-30
How to Cite
Mardikawati, S., Maharani, R., & Megawati, I. (2024). Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(1), 6-11. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i1.390
Section
Articles