Pengaruh Ajaran Taman Siswa Pada Hasil Belajar Kelas 3 Mata Pelajaran PPKN di SD N 01 Joton
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mempelajari ajaran tamansiswa terhadap pembelajaran PPKn . pembelajaran ini bisa dilakukan menggunakan ajaran tamansiswa seperti ajaran Tri nga dan Tri Kepempiminan untuk meningkatkan hasil belajar PPKN. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengukur kemampuan siswa pada pembelajaran PPKn melalui ajaran tamansiswa. Analisis data yang digunakan adalah kuaitatif dengan metode observasi. hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa para pendidik mempunyai kreativitas untuk membantu peserta didik melalui ajaran tamansiswa agar pembelajaran PPKn dapat dipahami dan di mengerti oleh peserta didik. Hal ini juga berpedoman pada ajaran Ki Hajar Dewantara melalui sistem among, Tri Nga dan Trilogi Kepemimpinan yang dapat diajarkan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar disekolah yang dapat di mengerti oleh peserta didik untuk dilaksanakan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses pada 10 Mei 2022 melalui: https://e-ppid.kemdikbud.go.id/dokumen/permendikbud halaman 23
Ketamansiswaan, T. D. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Hal 18-19. Halaman 18, 38, 37
Mulyoto, G. P, dkk. (2020). Konsep Dasar Dan Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk MI/SD. Jakarta. Publica Institute. Halaman 38
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Rnd. Bandung: Alfabet Bandung. Halaman 47, 49, 50, 51, 54.
Winarno. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara. Halaman 7
Copyright (c) 2024 Jati Jati Asmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.