FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSESPELAKSANAAN PEKERJAAN JALAN LINGKAR KOTA KENDARI II

  • La Madu
  • Sunaryo Sunaryo
  • Laoede Musa Rachmat
Keywords: Pembebasan lahan, Anggaran Biaya, Kondisi Geografis

Abstract

Keterlambatan proyek bisa berasal dari penyedia jasa pengguna jasa maupun  pihak  lain  yang  berdampak  penambahan  waktu  dan  biaya diluar rencana. Bila keterlambatan berasal dari kontraktor (Penyedia jasa), maka kontraktor bisa dikenai denda, begitu  juga  bila  keterlambatan  berasal dari  pengguna jasa, maka pengguna jasa akan membayar kerugian  yang  ditanggung  penyedia  jasa,  yang  jumlahnya  ditetapkan  dalam kontrak sesuai perundang- undangan yang berlaku. Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan penyelesaianproyek .

Budgeted Cost of Work Scheduled ( BCWS ), menggambarkan anggaran rencana sampai pada periode tertentu terhadap volume rencana proyek yang akan dikerjakan.Budgeted Cost of Work Performed ( BCWP ), menggambarkan anggaran rencana proyek pada periode tertentu terhadap apa yang telah dikerjakan pada volume pekerjaan aktual.

Pembebasan lahan yaitu Pekerjaan proyek jalan lingkar kota kendari II, pada saat pelaksanaan pekerjaan ada namanya ganti rugi yang dilakukan dari pihak pemerintah kepada masyarakat, apabila ada lahan masyarakat yang lahannya terkena proyek tersebut. Ketersediaan anggaran yaitu Pekerjaan proyek jalan lingkar kota kendari II,dengan panjang 38,15 km dengan jumlah anggaran Rp. 2.607.981.000,00 hal ini sangat terbatas. Sehingga pihak kontraktor melaksanakan pekerjaan proyek sesuai volume yang ada.Kondisi geografis yaitu Pekerjaan proyek jalan lingkar kota kendari II, ada gambar rencana dan item-item pekerjaan sebelum melaksanakan suatu pekerjaan proyek tersebut.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi proses penyelesaian proyek konstruksi jalan lingkar Kota Kendari II. Sesuai dengan hasil perhitungan program SPSS (analisis faktor) dari 3 faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan proyek konstruksi jalan di Kota Kendari. Adapun ke-3 faktor yang di teliti nilai kontribusi adalah : 1) ketersediaan anggaran dengan nilai 93,3%, 2) pembebasan lahan dengan nilai 68,5% dan 3) Kondisi geografis dengan nilai 61,8%.

Published
2020-01-08