Efektivitas Model PBL Menggunakan Media Bamer Terhadap Pemahaman Konsep I pas kelas IV Sekolah Dasar

  • Dian Rohmawati Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus
Keywords: Bamer, Model Problem, Based Learning, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa di SD 6 Jekulo, dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media bamer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek seluruh kelas IV SD 6 Jekuo yang berjumlah 18 peserta didik dengan teknik pengambilan non- probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, test (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji paired sample t-test, Uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model PBL berbantuan media Bamer dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata dan dapat meningkatkan hasil pemahaman konsep peserta didik. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 26. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berati Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil N-Gain sebesar 74.19% yang berati artinya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dikategorikan kriteria cukup efektif.

References

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83.

Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191

Ayu, D., Ningsih, S., Hambali, H., Guru, P., Dasar, S., Fisiologi, P., & Muhammadiyah, U. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK. 10, 695–706.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247

Diantoro, C. T., Ismaya, E. A., & Widianto, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Aplikasi Edmodo Pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4496

Indiyanti, C. E., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 134–143.

Izharifa, F. R., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media KIT IPA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Kurnia, J., Utaminingsih, S., & Masfuah, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Bahasa Indonesia Tema 3 Melalui Problem Based Learning Berbantu Media Video di SD 4 Karangbener. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.24176/wasis.v5i1.9687

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 106–112. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500

Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2683

Masfuah, S., & Pertiwi, I. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues. Edukasi Journal, 10(2), 179–190. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2413

Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103

Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). gembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314–8330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3735

Published
2025-04-27
How to Cite
Rohmawati, D., Ismaya, E., & Masfuah, S. (2025). Efektivitas Model PBL Menggunakan Media Bamer Terhadap Pemahaman Konsep I pas kelas IV Sekolah Dasar. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 92-100. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.941
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)