Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Flipbook Terhadap Pemahaman Konsep IPAS

  • Muhammad Miftachul Huda Al Jannah Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus
Keywords: Media Flipbook, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning untuk memahami konsep IPAS menggunakan media flipbook. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Jenengan yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ekperimen dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawanacara, observasi, dokumentasi, tes (pretest dan posttest). Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Uji Paired Sample T Test dan Uji N Gain. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Flipbook dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata serta dapat meningkatkan hasil pemahaman konsep peserta didik. Pernyataan tersebut diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 25. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil N-Gain sebesar 64,2% yang berarti terdapat peningkatan pemahaman konsep IPS peserta didik dengan berbantuan media flipbook dan masuk dalam kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

References

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA materi gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76.

Arends, R. (2020). Learning to Teach. McGraw-Hill.

Eliyana, E. (2023). Analisis keterampilan proses sains siswa belajar IPA materi tumbuhan hijau pada siswa kelas V SDN 3 Panjerejo di masa pandemi COVID-19. EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 2(2), 87–100.

Glazer, J. (2020). Tales out of school: Tracing perspective change through the stories of former teachers. Teaching and Teacher Education, 90, 103032.

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Naifio, E. R. M., Fitriani, & Siahaan, M. M. L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Solo (Structure of Observed Learning Outcomes) Pada Materi Perbandingan. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 67–78. https://doi.org/doi: 10.30656/gauss.v6i1.5441

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79.

Purwandi, D. (2020). Development of Remedial mathematics learning based on Lesson Study for Learning Community against problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), 12114.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan e-modul berbasis digital flipbook untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.

Suryani, E. S., Rusilowati, A., & Wardono, W. (2016). Analisis pemahaman konsep IPA siswa SD menggunakan two-tier test melalui pembelajaran konflik kognitif. Journal of Primary Education, 5(1), 56–65.

Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep ipa siswa kelas v sdn gugus v kecamatan cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690.

Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.

Published
2025-04-27
How to Cite
Al Jannah, M. M., Ismaya, E., & Purbasari, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Flipbook Terhadap Pemahaman Konsep IPAS. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 101-107. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.940
Section
Articles