Kelayakan Konten Tiktok Berbahasa Jawa untuk Media Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
Abstract
Media sosial merupakan hiburan utama di jaman sekarang, salah satu media sosial yang banyak digemari pada jaman sekarang yaitu TikTok. TikTok digemari sebab menawarkan berbagai fitur yang berbeda. Salah satu konten video menarik yang terdapat di TikTok adalah konten yang menggunakan bahasa jawa. Oleh sebab itu konten TikTok dapat sebagai alternatif media pembelajaran bahasa jawa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bentuk konten TikTok yang layak dijadikan media dalam Pembelajaran Bahasa Jawa. Untuk mendeskripsikan bentuk konten TikTok yang layak dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Jawa.Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian tentang penggunaan konten TikTok Berbahasa Jawa untuk media pembelajaran yang didapatkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan penilaian konten TikTok terkait kosakata, tata bahasa, pengucapan, dan kesalahan umum. Dari aspek tersebut ditemukan bentuk yang layak konten TikTok berbahasa jawa untuk media dalam pembelajaran bahasa jawa. Hal itu juga didapatkan berdasarkan hasil angket guru yang berjumlah 12 guru dengan memperoleh hasil nilai presentase 85%. Dari hasil nilai presentase tersebut bisa dikategorikan dalam penilaian sangat baik. Berdasarkan hasil pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa bentuk konten TikTok Berbahasa Jawa yang layak digunakan untuk media pembelajaran Bahasa Jawa. Hal tersebut didukung dengan penggunaan konten TikTok sebagai media pembelajaran membuat siswa lebih mudah memahami pembelajaran bahasa jawa dan membuat siswa tidak bosan untuk mengikuti pembelajaran.
References
Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 431–440.
Andriyana, A., Iswatiningsih, D., Mahmud, J., Yulianti, O. E., & Trang, T. T. T. (2021). Tiktok Terhadap Variasi Bahasa Kolokial Pada Kalangan Remaja Indonesia (Kajian Etonolinguistik). Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(1), 34–41. https://doi.org/10.25134/fon.v17i1.4193
Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. 3(1), 1120–1130. http://jiss.publikasiindonesia.id/
Dewanta, A. (2020). 3491-4328-1-Pb. 9(2), 79–85.
Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120–128. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19
Fitriani, Y. (2021). Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN KONTEN EDUKASI ATAU PEMBELAJARAN DIGITAL. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
Furchan, A. (1982). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Usaha Nasional.
Herdiati, D., Atmaji, D. D., Andriyanto, R. M. A., & ... (2021). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Musik di SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. … Pengkajian Dan …, 4(2), 111–119. https://journal.unesa.ac.id/index.php/Virtuoso/article/view/14279
Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Bahasa Jawa. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1270–1281.
Ii, B. A. B. (2005). No Title. 12–37.
Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2015). No Title. 8–27.
Ii, B. A. B., Teori, A. K., & Pembelajaran, M. (2018). No Title. 10–22.
Khalistiana, T. M., Halimah, M., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Indonesia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 129–140.
Kuen, M. M., & Kuen, F. A. (2020). Eksistensi Braggadocian Behavior pada Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi pada Remaja Di Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(2), 47–48.
Pgri, S., & Barat, S. (2021). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Lira Hayu Afdetis Mana Artikel ini merupakan gagasan tertulis sebagai langkah awal yang akan peneliti lakukan untuk merancang perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama aplikasi ti. 2(4), 418–429.
Ramadhan, R. (2020). Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Baru di Zaman Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, 523–537.
Suhandoyo, S. (2019). Metode Penelitian Kualitatif.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Suryana, C. (2007). Pengolahan Dan Analisis Data Penelitian. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, 42.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Pembelajaran bahasa jawa. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Walidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory.
Warini, N. L., Putu, N., Dewi, E. S., Susanto, P. C., & Dewi, C. (2020). Daya Tarik Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Online. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 0(0), 27–34. http://exolyt.com.
Winarno, M. E. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani.





