Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Abstract
Kontribusi teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah subjek penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan guru dan siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Studi menunjukkan bahwa teknologi digital seperti sistem pengelolaan pembelajaran (LMS), platform pembelajaran online, dan aplikasi pendidikan telah meningkatkan akses, efektivitas pengajaran, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Namun, infrastruktur yang tidak merata, kesenjangan akses, dan literasi digital yang rendah masih menjadi masalah. Menurut penelitian ini, guru harus mendapatkan pelatihan digital yang lebih baik dan pemerintah harus membuat kebijakan yang mendukung pemerataan teknologi di dunia pendidikan.
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 25–36.
Alfina, O. (2020). PENERAPAN LMS-GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Majalah Ilmiah METHODA. https://doi.org/10.46880/methoda.vol10no1.pp38-46
Andjani, T. R. (2018). Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran.
Arum, D. M. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. JME Jurnal Management Education, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.59561/jme.v1i2.70
Bawamenewi, A., & Riana, R. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Motivasi Belajar Implementation of Technology-Based Learning Media on Learning Motivation. 2(4).
Bestari, P., Awam, R., Sucipto, E., Marsidin, S., & Rifma, R. (2023). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4016
Fajri, N., M. Nursalim, & S. Masitoh. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : DAMPAK TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12083
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS TINGGI. JURNAL PENDIDIKAN. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Karmila Sari, R., & Siti Nurani. (2021). QUIZIZZ ATAU KAHOOT, GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD). https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.87
Khalisatun Husna, Farras Fadhilah, Ulfa Hayana Sari Harahap, Muhammad Arby Fahrezi, Khalid Samahangga Manik, M. Yasir Ardiansyah, & Inom Nasution. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694
Majuri, J., Koivisto, J., & Hamari, J. (2018). Gamification of education and learning: A review of empirical literature. CEUR Workshop Proceedings.
Norpin, N., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(1), 444–448. https://doi.org/10.56338/jks.v7i1.4896
Nurmadiah, N., & Asmariani, A. (2019). TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32520/afkar.v7i1.220
Palandi, E. H., Sriyuliawati, F., & Aziz, A. (2025). Peran Teknologi dalam Pengembangan Sistem E-Learning yang Interaktif dan Efektif bagi Pendidikan Esther Hesline Palandi 1 , Fovi Sriyuliawati 2 , Asyrofi Aziz 3. 6(7), 1987–1997.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Reni, S. A., Praherdhiono, H., & Soepriyanto, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Rusdiani, I., & Atikah, C. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASS ROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (The Effect of Online Learning Using the Google Class Room Application and Learning Motivation on the Learning Outcomes of Student. Tahun, 8, 1–16.
Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.
Saputra, P. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Sebagai Media Komunikasi dalam Pembelajaran. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1(4), 15–30.
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 171–181.
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Turmuzi, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Syntax Admiration. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i10.750
Warsita, B. (2013). PERKEMBANGAN DEFINISI DAN KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SERTA PERANNYA DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN. Jurnal Kwangsan. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.6
Widyastuti, W. T., Ekowati, S. H., Wahyuningsih, A., Studi, P., Bahasa, P., & Bahasa, F. (2024). Pelatihan Pembuatan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Website Edukatif Bagi Guru Madrasah di Al Misbahul Ulum Qur’an Bogor. 5(3), 501–510.
Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19. Khazanah Pendidikan. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760
Copyright (c) 2025 Iswadi Iswadi, Herinto Sidik Iriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.