Peran Instagram dalam Meningkatkan Elektabilitas Calon Anggota Legislatif dalam Pemilu Tahun 2024 di Kelurahan Cengkareng Timur – Jakarta Barat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran instagram dalam meningkatkan elektabilitas calon anggota legislatif dalam pemilu tahun 2024 di kelurahan cengkareng timur – jakarta barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif adapun jenis penelitian yang digunakan yakni studi kasus, penggunaan studi kasus dikarenakan peneliti dapat memahami secara mendalam konteks, proses, dan kompleksitas fenomena yang sedang diteliti. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Instagram merupakan platform media sosial yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan elektabilitas calon anggota legislatif dalam pemilu. Calon anggota legislatif hanya perlu membuat konten yang menarik dan informatif, menggunakan hashtag yang relevan, serta mempromosikan akun Instagram secara aktif dan masif untuk meningkatkan elektabilitas.
References
Alfiyani, N. (2018). MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK. Potret Pemikiran, 22(1), Article 1. https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762
Anshari, F. (2013). Komunikasi Politik di Era Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 8(1), Article 1.
Febri, R., Suryanef, S., Hasrul, H., & Irwan, I. (2022). Kampanye Politik Melalui Media Sosial oleh Kandidat Calon Kepala Daerah Kabupaten Pesisir Selatan pada Pilkada Tahun 2020. Journal of Civic Education, 5(2), 269–277. https://doi.org/10.24036/jce.v5i2.630
Febriani, N. S. (2020). Preferensi Media Sosial Generasi Milenial pada Tingkat Pengetahuan Calon Legislatif. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 89–107. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2225
Hayat, M. A., Jayadiningrat, S., Wibisono, G., & Iyansyah, M. I. (2021). Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(01), 104–114. https://doi.org/10.59141/jist.v2i01.61
Iswadi, I., Karnati, N., & Budianto, A. A. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K.Yin. Penerbit Adab.
Juniarto, Z. (2021). Pemanfaatan Fanspage Facebook Sebagai Media Publikasi Anggota DPD/MPR RI Intsiawati Ayus [Other, Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/14773/
Kanda, A. (2021). PERSONAL BRANDING MELALUI INSTAGRAM. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 17(1), 45–66. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol17.Iss1.218
Murdiyanto, D. E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.
Rizki, K., & Putra, D. K. S. (2019). Strategi Komunikasi Politik Calon Anggota Legislatif Dprd Riau Edi Satria Pada Pemilu 2019. eProceedings of Management, 6(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/10611
Sartikasari, S., Hardi, R., & Hartaman, N. (2021). Efektivitas Kampanye Politik Di Media Sosial Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 Di Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Kybernology : Journal of Government Studies, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/kjgs.v1i1.5003
Siagian, H. F. (2015). PENGARUH DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI POLITIK DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK (No. 1). 2(1), Article 1. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2579
Weninggalih, L., & Fuady, M. E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relations, 22–32. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.79
Copyright (c) 2025 Iswadi Iswadi, Muhammad Awin Alaby

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.