Audit Keselamatan Jalan Untuk Penanganan Kawasan Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Poros Kolaka-Tanggetada
Abstract
Kota Kolaka merupakan salah satu kota yang berkembang di Sulawesi Tenggara, apalagi dengan melihat semakin berkembangnya pembangunan infrastruktur jalan. Kecelakaan lalu lintas sebagian besar disebabkan oleh beberapa faktor. Pada Jalan Poros Kolaka – Tanggetada ada beberapa titik yang telah di tetapkan rawan kecelakaan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka bahkan telah menjadi Black Spot karena kasus kecelakaan yang sering terjadi. RSA (Road Safety Audit) adalah salah satu cara yang tepat untuk pemeriksaan tahap oprasional jalan.
Penelitian ini merupakan penelitian Survey langsung dilapangan, dengan menggunakan metode daftar Cheklist yang bersumber dari Departemen Pekerjaan Umum tentang audit keselamatan jalan untuk mengetahui kondisi permukaan jalan dan kondisi fasilitas jalan (rambu dan marka jalan) pada Kawasan Rawan Kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Kolaka-Tanggetada.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat lebih dari satu kerusakan, penyempitan badan jalan dibeberapa titik, bahu jalan yang mengalami penurunan dan pada ruas-ruas tertentu juga di temukan tidak adanya rambu yang seharusnya ada, dan penyebab kecelakaan yang sering terjadi di Kawasan Hutan Lindung KM 199 – KM 201 kecamatan Tanggetada yang menjadi tingkat yang paling tinggi. Adapun faktor-faktor yang berpengaruh yaitu faktor manusia sebanyak 60 %, itu dikarenakan oleh kelalaian pengguna atau pengemudi, selain itu juga ada faktor kendaraan mencapai 15 %, dan faktor lingkungan mencapai 25 % yang menjadi sebab kecelakaan Selama tahun 2017-2022 kecelakaan terjadi pada Jalan Poros Kolaka - Tanggetada 201 yaitu 30 (kali), dengan jumlah korban 33 orang (Meninggal dunia 8 orang, luka berat 11 orang, luka ringan 14 orang), serta kerugian material Rp. 504.000.000,00
Downloads
References
Austroads, 2002, Road Safety Audit, 2nd edition,Austroads Publication.
Dafid Wal Ikroom, 2014, Skripsi Mengurangi Resiko Kecelakaan Lalu-Lintas Melalui Audit Keselamatan Jalan.
Ditjen Bina Marga, 2007.b, Modul Pelatihan Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) dalam Penyelenggaraan Jalan Berkeselamatan, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
https://id.wikipedia.org/wiki/Audit, 2021.
https://id.wikipedia.org/wiki/Keselamatan, 2021.
https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan, 2021.
Mulyono, A.T., Kushari, B., Faisol, Kurniawati dan Gunawan, H.E., 2008, Modul Pelatihan Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) dalam Penyelenggaraan Jalan Berkeselamatan, FSTPT.
MODUL Penyelenggaraan Jalan Berkeselamatan, 2011, Prof. Dr. Agus Taufik Mulyono , Berlian Kushari, Dr.Eng(cand).
Ode, A.T.L., Yatjong, I., 2021. Pengaruh Antrian Kendaraan Di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (Spbu) Balandete Jalan Pemuda Kabupaten Kolaka Terhadap Arus Lalu Lintas. DINTEK, 14 (1): 41-48.
Ode, A.T.L., Hidayat, A., Gunawansyah, G., Purnama H., Niran, N., 2022a. Penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas Melalui analisa black spot di ruas jalan Kolaka-Watubangga. Jurnal DIntek, 15(2): 65-73.
Ode, A.T.L., Prasetyo, B.A., Hammade, U., 2023. Studi Kelayakan Lapisan Pondasi Bawah (Sub Base Course) Jalan Menggunakan Sirtu Konaweha Berdasrkan Nilai CBR. Jurnal Teknik Sipil Cendikia (JTSC), 4(1): 539-553.
Pedoman Konstruksi dan Bangunan, Audit Keselamatan Jalan,2004, Departemen pekerjaan Umum.
Tri Tjahjono, martha Leni Siregar, Yola Pratiwi, 2010, Audit keselamatan jalan layang akses UI ditinjau dari sisi perancangan geometrik jalan.
Copyright (c) 2023 Retno Puspaningtyas, Al Tafakur Laode, Ilham Ilham

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.