Peran LPPOM MUI Sumatera Utara dalam Memastikan Sertifikasi Halal Produk: Studi Kebutuhan dan Kepuasan Masyarakat

  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Izmy Erviana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Indah Nur’aini Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tuti Marlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ali Muammar Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alwi Fajri Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Dayrobi Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rafly Alfadillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Sertifikasi halal, LPPOM MUI, kepuasan masyarakat, industri halal, regulasi halal

Abstract

Sertifikasi halal memainkan peran krusial dalam memastikan kepatuhan produk terhadap standar kehalalan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Penelitian ini menganalisis peran LPPOM MUI Sumatera Utara dalam proses sertifikasi halal, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat terhadap sertifikasi halal, serta mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan yang diberikan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan melibatkan 46 responden yang terdiri atas pengguna layanan, pemangku kepentingan, kepala sekretariat, serta auditor halal di LPPOM MUI Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat menganggap sertifikasi halal sangat penting, dengan faktor utama pemilihan produk bersertifikat halal adalah keamanan dan kepatuhan agama. Meskipun tingkat kepuasan terhadap layanan sertifikasi halal relatif tinggi, beberapa kendala masih dihadapi, seperti kurangnya pemahaman pelaku usaha mengenai prosedur sertifikasi, keterbatasan akses terhadap informasi, serta biaya sertifikasi yang dianggap memberatkan bagi usaha mikro. Rekomendasi yang diajukan mencakup peningkatan sosialisasi, penyederhanaan prosedur, serta dukungan finansial bagi usaha kecil dalam memperoleh sertifikasi halal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pemangku kebijakan dalam meningkatkan efektivitas layanan sertifikasi halal guna mendukung pertumbuhan industri halal di Sumatera Utara

References

Ariska, N., Setiawan, R. A., Setiawan, A., & Zaki, K. (2023). Implementasi proses sertifikasi halal self declare dalam mendukung pertumbuhan UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4 (4), Article 4. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21335

Ashlihah, & Hasyim, R. (2024). Pengaruh Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Konsumen Mixue pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) UNWAHA. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 5 (2), 105–112. https://doi.org/10.33752/jies.v5i2.6523

Fajaruddin, F. (2018). Efektivitas Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Dalam Perlindungan Konsumen.DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 3 (2), Article 2. https://doi.org/10.30596/dll.v3i2.3151

Favero, N., & Kim, M. (2021). Everything Is Relative: How Citizens Form and Use Expectations in Evaluating Services. Journal of Public Administration Research and Theory, 31 (3), 561–577. https://doi.org/10.1093/jopart/muaa048

Hartanto, D., Dalle, J., Akrim, A., & Anisah, H. U. (2021). Perceived effectiveness of e-governance as an underlying mechanism between good governance and public trust: A case of Indonesia. Digital Policy, Regulation and Governance, 23 (6), 598–616. https://doi.org/10.1108/DPRG-03-2021-0046

Hasibuan, F. R., & Rahmayati, R.(2024). Pengaruh Respon Dan Pemahaman Pelaku UMKM Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Di Kota Medan.Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7 (3), 6085–6093. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.9686

Jiang, Y., & Zhen, F. (2022). The role of community service satisfaction in the influence of community social capital on the sense of community belonging: A case study of Nanjing, China. Journal of Housing and the Built Environment, 37 (2), 705–721. https://doi.org/10.1007/s10901-021-09862-9

Kamila, Z. S., Suryadipura, D., & Khairani, N. (2024). Peran Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Nonstate Actor dalam Perkembangan Industri Halal di ASEAN. Padjadjaran Journal of International Relations, 6 (2), 272–287. https://doi.org/10.24198/padjir.v6i2.56370

Li, Y., Wang, Z., & Zhu, Y. (2024). How Does Government Intervention Affect Community Residents’ Satisfaction with Public Services—Evidence from CSS (2021) in China. Sustainability, 16 (17), Article 17. https://doi.org/10.3390/su16177326

Lian, X., Li, D., Di, W., Oubibi, M., Zhang, X., Zhang, S., Xu, C., & Lu, H.(2022). Research on Influential Factors of Satisfaction for Residents in Unit Communities—Taking Ningbo City as an Example.Sustainability, 14 (11), Article 11. https://doi.org/10.3390/su14116687

LPPOM MUI Sumatra Utara | LPH LPPOM.(n.d.). Retrieved February 26, 2025, from https://halalmui.org/kantor-cabang/lppom-mui-sumatra-utara/

Lubis, Z. (2025, January 5). Peran LPPOM MU Sumatera Utara [Personal communication].

Pratiwi, A. E., & Isa, M.(2024). Pengaruh Keamanan Makanan, Kesadaran Kesehatan, Sertifikasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19 (1), Article 1. https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5068

Purborini, V. S., & Harsanty, T. D.(2024). Sosialisasi Pentingnya Sertifikasi Halal pada Program Self Declare untuk Berkembangnya Bisnis Bidang Makanan dan Minuman di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), Article 1. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2763

Qodir, A., & Muhim, A.(2024). PERAN PRODUSEN DALAM MELINDUNGI KONSUMEN MELALUI SERTIFIKASI HALAL PRODUK.International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 4 (1), Article 1. https://doi.org/10.30653/ijma.202441.107

Rakhmawati, N. A., Gunawan, S., Indraswari, R., Ulfin, I., Rahadiantino, L., Qadariyah, L., Muklason, A., Mashuri, M., Fabroyir, H., Putri, M. L., & Eskalalita, E. (2024). Gerakan 1000 Sertifikat Halal untuk Mendukung Kewajiban Sertifikat Halal 2024.Sewagati, 8 (3), Article 3. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i3.959

Razali, R., Taufiq, T., & Maulana, N. (2024). GRAND MODEL PARIWISATA HALAL DAN EKONOMI KREATIF. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4 (2), Article 2. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i2.10239

Rofiullah, A. H., Shiddiqi, H. A., & Safithri, A. (2024). MEMBANGUN KESADARAN PENGURUSAN SERTIFIKASI HALAL PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH. ESA, 6 (1), Article 1. https://doi.org/10.58293/esa.v6i1.91

Safitri, S., Marcheren, A. G., Fauziah, A., Rahma, A. D., Guci, L. P., Wijayanti, M. R., Amanda, S., Novelia, S., & Hasanah, U. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing, Branding, Manajemen Keuangan dan Sertifikasi Halal pada UMKM Desa Maredan Barat.Madaniya, 5 (1), Article 1. https://doi.org/10.53696/27214834.708

Shalaby, A. S., & Shalaby, M. S.(2018). Service Provision and Prosperity in Urban Communities in the Greater Cairo Region.Urban Forum, 29 (3), 239–258. https://doi.org/10.1007/s12132-018-9332-9

Suzuki, K., & Demircioglu, M. A. (2021). Is impartiality enough? Government impartiality and citizens’ perceptions of public service quality.Governance, 34 (3), 727–764. https://doi.org/10.1111/gove.12527

Winarto, W., & Santoso, H. B.(2024). Sertifikasi Halal Produk UMK dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen.Harmoni Sosial : Jurnal Pengabdian Dan Solidaritas Masyarakat, 1 (4), 01–16. https://doi.org/10.62383/harmoni.v1i4.421

Yuanitasari, D., & Kusmayanti, H.(2024). Sosialisasi Kewajiban Sertifikasi Halal pada UMKM di Kabupaten Sumedang.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5 (2), 1568–1573. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3016

Published
2025-04-27
How to Cite
Junaidi, J., Erviana, I., Lubis, I. N., Marlina, T., Hasibuan, A. M., Tanjung, A. F., Harahap, A. D., & Alfadillah, R. (2025). Peran LPPOM MUI Sumatera Utara dalam Memastikan Sertifikasi Halal Produk: Studi Kebutuhan dan Kepuasan Masyarakat. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 136-147. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.935
Section
Articles