Pengelolaan Program Hifzil Qur’an di Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumatera Utara: Implikasi terhadap Pengabdian Masyarakat

  • Mardian Idris Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Andi Mahendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annis Rizqina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azizah Nurul Hidayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aulia Azmi Syahidah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anwar Hidayat Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mudrika Rahimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Model pengelolaan, Hifzhil Qur’an, LPTQ, efektivitas program, pengabdian masyarakat.

Abstract

Penelitian ini menganalisis model pengelolaan program Hifzhil Qur’an di Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an  (LPTQ) Sumatera Utara serta implikasinya terhadap pengabdian masyarakat. Fokus penelitian mencakup struktur organisasi, metode pembinaan, tantangan implementasi, serta efektivitas program dalam membentuk komunitas Qur’ani. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pengelola program, pelatih, dan peserta, serta kuesioner untuk mengukur dampak program terhadap peserta dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini menerapkan model pembinaan berbasis training center  (TC) secara berkala dan pembinaan di lembaga tahfiz yang bekerja sama dengan LPTQ. Evaluasi efektivitas program menunjukkan bahwa indikator keberhasilan utama adalah peningkatan kualitas hafalan peserta serta prestasi dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) tingkat provinsi dan nasional. Mayoritas responden menyatakan bahwa struktur program, dukungan fasilitas, dan kompetensi pembimbing sudah memadai, dengan tingkat kepuasan mencapai lebih dari 90%. Namun, program ini menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan anggaran, variasi kualitas peserta, serta keterbatasan durasi pelatihan akibat pembatasan dana hibah. Implikasi terhadap pengabdian masyarakat terlihat dalam peningkatan literasi Al-Qur’an, keterlibatan pemuda dalam kegiatan keagamaan, serta kontribusi lulusan program sebagai imam masjid dan pengajar tahfiz. Studi ini merekomendasikan peningkatan kesinambungan pembinaan, optimalisasi sumber daya, serta penguatan kolaborasi dengan lembaga tahfiz dan pemerintah daerah untuk memperluas dampak sosial program.

References

Aeni, A. N. (2017). HIFDZ AL-QURAN: PROGRAM UNGGULAN FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER QURANI SISWA SD. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 4 (1), Article 1. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6990

Alesani, D. (2023). Results-based management. In Management of International Institutions and NGOs (2nd ed.). Routledge.

Anwar, S., & M, I. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN SYECH AHMAD CHATIB AL-MINANGKABAWI. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1 (3), 159–168. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i4.238

Bagby, E., & Rangarajan, A. (2023). Using Rapid-Cycle Evaluation to Improve Program Design and Delivery. In A. Rangarajan (Ed.), The Oxford Handbook of Program Design and Implementation Evaluation (p. 0). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780190059668.013.7

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publication.

Faidah, M. (2020). Predicting Students’ Academic Achievement on the Patterns of Tahfidz al-Qur’an Programs in Public Universities. Edukasia Islamika, 5 (2), Article 2. https://doi.org/10.28918/jei.v5i2.1072

Gerlach, B., Faulkner, M., & Ding, X. (2024). Evaluating Intervention and Program Effectiveness. In C. Franklin (Ed.), The School Services Sourcebook: A Guide for School-Based Professionals (p. 0). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780197603413.003.0053

Harahap, B., Mukti, A., & Haidir, H. (2022). Implementation of Learning Nagham Al-Qur'an in the Art of Reading the Qur'an for Children and Adolescent at LPTQ in Medan City. Jurnal Basicedu, 6 (2), 3102–3113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2542

Harahap, M. I., Limbong, P. A. B., & Fauziah, F. (2023). Pola Manajemen Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara | ISLAMIKA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/2978

Ishomuddin, K., Rizquha, A., & Mubaroq, M. S. (2023). MANAGEMENT HIFDZIL AL-QUR’AN IN IMPROVING SANTRI’S MEMORIZATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 5 (2), Article 2. https://doi.org/10.52627/managere.v5i1.214

LPTQ Sumatera Utara. (2024). Lptq Sumatera Utara (@lptqprovsu) • Foto dan video Instagram. https://www.instagram.com/lptqprovsu/

Lubis, A. A. I., & Mahariah. (2024). Competencies and strategies of Al-Qur’an Hadith teachers in developing student potential through LPTQ extracurricular. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 9 (1), Article 1. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v9i1.75-90

Maulida, T. D. (2024). MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRIWATI TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 2 CIPINING. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3 (5), Article 5.

Mawaddah, N., & Said, A. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ LEMBAGA MADRASAH HIFDZIL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang). Jurnal Ilmu Pendidikan. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/2537

Muhammad, M. (2025, January 4). Pengelolaan Program Tahfidz Alquran di LPTQ Sumatera Utara [Personal communication].

Muthmainnah, F., Nisa’, L. F., Baghiz, G. M., & Hanafi, Y. (2023). HIFDZ: Partnership Application Based on Peer Teaching As A Platform For Qur’an Memorization. Al-Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pengajarannya = Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 7 (2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um056v7i2p195-206

Nasution, K. A., Hasibuan, S. S., Utami, A., Hasibuan, F., Ardiansyah, F., & Hardana, A. (2022). Strategi LPTQ Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Yang Unggul dan ‎Qur’ani. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 2 (3), Article 3. https://doi.org/10.58707/jipm.v2i3.353

Nielsen, S. B., & Montague, S. (2023). John Mayne’s Contribution to Results-Based Management Thinking: A Leadership Legacy. Canadian Journal of Program Evaluation, 37 (3), 439–460. https://doi.org/10.3138/cjpe.75432

Prihatin, A. U., & Ichsan, I. (2022). THE INFLUENCE OF COLLEGE STUDENTS’ LEARNING STYLE THE QUR’AN MEMORIZING METHOD IN UKM LPTQ UMY. Jurnal Tatsqif, 20 (2), Article 2.

Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI LPTQ KABUPATEN SIAK. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4 (1), Article 1. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5281

Published
2025-04-27
How to Cite
Harahap, M. I., Mahendra, A., Rizqina, A., Hidayati, A. N., Nasution, A. A. S., Nasution, A. H., & Rahimah, M. (2025). Pengelolaan Program Hifzil Qur’an di Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumatera Utara: Implikasi terhadap Pengabdian Masyarakat. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 123-135. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.934
Section
Articles