Kemampuan Numerasi Peserta Didik dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education

  • Ummi Rahmi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Chairuddin Chairuddin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • La Ode Sirad Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Kemampuan numerasi, Pembelajaran, Reaistic Mathematic Education

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara disekolah yang mengungkapkan bahwa kemampuan numerasi siswa masih rendah, yang diduga model pembelajaran yang tidak bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen semu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Realistick Mathematic Education terhadap kemampuan numerasi siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik cluster random sampling dengan jumlah 70 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif . Hasil uji paired varians terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan numerasi peserta didk kelas X SMA N 1 Latambaga dengan materi Sisitem Persamaan Linear Tiga Variabel.

References

Agnesti, Y. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9.

Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemamunan Literasi Numerasi. 02(02), 142-149.

Gusnarsi, D., Utami, C., & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas VIII. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 32-36. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.207

Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307-314.

Laswadi, L. (2023). Desain Lintasan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Arimatika Sosial Menggunakan Aplikasi Quizlet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Journal on Education, 6(1), 3578–3587. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3455

Mubarokah, N. L., Khuzaini, N., & . S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 82–86. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i1.1525

Nurrohmah, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD SDN Tanjungbumi 3. Lencana : Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 225-233.

Rahmadani, A., & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal on Education, 6(1),6746-6759.

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The Circumstances of Literacy Numeracy Skill: Between Notion and Fact From Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9-18.. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427

Rodiyana, R., Cahyaningsih, U., & Halimah, N. (2019). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)Dalam Pemahaman Konse Ssiswa Sekolaj Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019,577-584.

Salamah, E., & Kelana, J. B. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konse Dasar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas I SD Menggunakan Model Realistic Mathmatics Education (RME). Journal Elementary of Edcation, 3(6), 319-326.

Sidiq, F., Ayudia, I., & Sarjani, T. M. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal of Human And Education, 3(3), 69–75.

Solihin, N., Wahidin, W., & Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan AKM Kelas: Analisis Korelasi Nilai AKM terhadap Keterampilan Berpikir Logis Siswa SMP Kelas VIII di Wilayah III Cirebon. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 8(2), 41–47. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i2.10231

Sri Hartatik. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456.

Zain Sarnoto, A. (2023). Pelatihan Literasi Numerasi Kelas Awal di Jakarta Selatan. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 7–13. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i3.34.

Published
2025-04-27
How to Cite
Rahmi, U., Chairuddin, C., & Sirad, L. (2025). Kemampuan Numerasi Peserta Didik dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 116-122. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.924
Section
Articles